Page 360 - Cakrawala Pendidikan
P. 360
Model Evaluasi
Bagan 3. Tujuan, metode, dan hubungan antara pengambilan
keputusan dengan evaluasi CIPP
Aspek Context Input Evaluation Process Product
Evaluation Evaluation Evaluation
Tujuan . menjelaskan • mengidentifi- • mengident1fi- • mengumpulkan
konteks kasi dan kasi & mem- deskripsi dan
institusional, menilai perkirakan penilaian hasil
. mengidentifi- • kemampuan proses . & mengkaitkan-
kas1kan sistem, • mengidentifi- nya dengan
populasi target • strategi kasi keku- tujuan dan
dan alternatif rangan pada konteks, input,
menentukan program, de sam & proses
kebutuhannya, • desain prosedur dan informasi
. idenhf•kasi prosedur penerapannya • menginterpreta
kesempatan untuk • menyedJakan sikan kebaikan
untuk menerapkan informas1 dan manfaat
memenuhi strategi, untuk
kebutuhan anggaran, dan program yang
. men diagnosis jadwal direncanakan,
masalah yang • mencatat dan
menyebabkan menilai
timbulnya prcsedur
kebutuhan, ke)adian I
. rnenilai
apakah tujuan
yang
ditetapkan
sesuai
dengan
kebutuhan
Metode • Anaiisa sistem • lnventarisasi • Monitoring • Mendefinisikan
• Survey & analisis kendala kriteria
• Telaah sumber day a potensial keluaran
I dokumen yang dimiliki, yang mungkin • Mengumpulkan
• Hearmgs strategi pe- ti rnbul & tetap penilaian
• lnterv1ew nyelesaian hat1-hati tentang
• Tes diagnostik masalah, terhadap keluaran dari
• Oelphy relevansi, kendala yang mereka yang
technique kelayakan, belum dapat terlibat
dan ekonomis diantisipasi • melakukan
de sa in • Mendapatkan analisis
prosedural informasi kuantitatif dan
• Literatur khusus untuk analisis
• Kunjungan keputusan kualitatif
• Advocate terprogram
teams • Menjelaskan
• UJi coba proses yang
I • Secara terus-
ter;adi
menerus
bennteraksi
dengan &
melakukan
351