Page 360 - Cakrawala Pendidikan
P. 360

Model Evaluasi

         Bagan  3.   Tujuan,  metode,  dan  hubungan  antara  pengambilan
                    keputusan dengan evaluasi CIPP
           Aspek     Context   Input Evaluation   Process   Product
                    Evaluation                Evaluation   Evaluation
          Tujuan  .  menjelaskan   •  mengidentifi-  •  mengident1fi-  •  mengumpulkan
                    konteks      kasi  dan   kasi  & mem-  deskripsi dan
                    institusional,   menilai   perkirakan   penilaian hasil
                  .  mengidentifi-  •  kemampuan   proses .   & mengkaitkan-
                    kas1kan      sistem,    •  mengidentifi-  nya dengan
                    populasi target   •  strategi   kasi keku-  tujuan dan
                    dan          alternatif   rangan pada   konteks, input,
                    menentukan   program,    de  sam      & proses
                    kebutuhannya,   •  desain   prosedur dan   informasi
                  .  idenhf•kasi   prosedur   penerapannya   •  menginterpreta
                    kesempatan   untuk      •  menyedJakan   sikan kebaikan
                    untuk       menerapkan   informas1    dan manfaat
                    memenuhi     strategi,   untuk
                    kebutuhan    anggaran, dan   program yang
                  .  men diagnosis   jadwal   direncanakan,
                    masalah yang            •  mencatat dan
                    menyebabkan              menilai
                    timbulnya                prcsedur
                    kebutuhan,               ke)adian   I
                  .  rnenilai
                    apakah tujuan
                    yang
                    ditetapkan
                    sesuai
                    dengan
                    kebutuhan
           Metode   •  Anaiisa sistem   •  lnventarisasi   •  Monitoring   •  Mendefinisikan
                  •  Survey     &  analisis   kendala     kriteria
                  •  Telaah      sumber day a   potensial   keluaran
                 I  dokumen     yang dimiliki,   yang  mungkin   •  Mengumpulkan
                  •  Hearmgs    strategi pe-  ti rnbul & tetap   penilaian
                  •  lnterv1ew   nyelesaian   hat1-hati   tentang
                  •  Tes diagnostik   masalah,   terhadap   keluaran dari
                  •  Oelphy     relevansi,   kendala yang   mereka yang
                    technique   kelayakan,   belum dapat   terlibat
                                dan ekonomis   diantisipasi   •  melakukan
                                de  sa in   •  Mendapatkan   analisis
                                prosedural   informasi    kuantitatif dan
                               •  Literatur   khusus untuk   analisis
                               •  Kunjungan   keputusan   kualitatif
                               •  Advocate   terprogram
                                 teams      •  Menjelaskan
                               •  UJi  coba   proses yang
                              I             •  Secara terus-
                                             ter;adi
                                             menerus
                                             bennteraksi
                                             dengan &
                                             melakukan



                                                                  351
   355   356   357   358   359   360   361   362   363   364   365