Page 364 - Cakrawala Pendidikan
P. 364
Evaluasi Diri dan
Apakah pengertian evaluasi diri itu?
Evaluasi diri merupakan suatu proses yang berorientasi ke masa
depan, dan memberikan informasi terperinci mengenai kemajuan-
kemajuan serta keberhasilan mahasiswa ke arah pembentukan
kompetensi yang diinginkan. Evaluasi diri mengacu pada
keikutsertaan mahasiswa dalam membuat pertimbangan-
pertimbangan dan keputusan-keputusan mengenai proses belajar
mahasiswa, khususnya yang menyangkut prestasi dan hasil belajar
(Boud & Falchikov, 1989a). Evaluasi diri dapat bersifat formatif
dalam arti mendukung proses belajar serta membantu mahasiswa
dalam meningkatkan keberhasilannya, dapat juga bersifat sumatif
dengan jalan menentukan sendiri apa yang akan dipelajari, dan
sejauh mana ia akan mempelajarinya.
lstilah evaluasi diri mencakup dua unsur pokok di dalam setiap
pengambilan keputusan, yaitu ( 1) identifikasi kriteria serta patokan
yang akan ditentukan di dalam pekerjaan dan (2) pengambilan
keputusan untuk menentukan sejauh mana pekerjaan atau tugas
yang di!aksanakan te!ah memenuhi kriteria dan patokan tersebut.
Menurut Worell & Stilwell (1981) eva!uasi diri berhubungan dengan
dua faktor utama, yaitu ( 1) pengalaman keberhasilan di masa !alu,
dan (2) perbandingan dengan keberhasilan orang-orang lain.
Apabi!a seseorang mempunyai pengalaman keberhasi!an yang
terus menerus, dan keberhasilan tersebut lebih tinggi dibanding
dengan orang-orang di sekitarnya, maka ia akan menilai dirinya
sendiri tinggi pula.
Evaluasi Diri Pada Mahasiswa
Boud & Falchinov (1989a) mengatakan bahwa ada dua motif yang
mendorong usaha evaluasi diri pad a mahasiswa, yaitu: ( 1)
keinginan dosen untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa
berpartisipasi secara aktif dida!am proses belajarnya, dan dengan
demikian memberi lebih banyak tanggung jawab kepada
mahasiswa, serta (2) kebutuhan untuk mengembangkan prosedur
penilaian yang !ebih mengikutsertakan mahasiswa.
355