Page 366 - Cakrawala Pendidikan
P. 366
Evaluasi Diri dan
ujian atau melaksanakan keberhasilan mereka dalam ujian-ujian
atau melaksanakan tugas-tugas yang diberikan, karena mereka
menjadi tahu akan kriteria yang dipakai untuk mengukur
keberhasilan. Karenanya mereka (mahasiswa) menginginkan
adanya lebih banyak kesempatan untuk melaksanakan evaluasi
diri.
Hasil meta-analisis yang dilaksanakan oleh Baud & Falchikov
(1989b) menunjukkan adanya besar pengaruh (effect size)= 0,47,
yang dapat ditafsirkan bahwa nilai yang diperoleh pada evaluasi
diri sendiri oleh mahasiswa memberikan hasil yang lebih tinggi
dibanding dengan hasil penilaian yang diberikan oleh dosen. Di
samping itu ditemukan juga bahwa mahasiswa tingkat-tingkat atas,
mahasiswa yang mempunyai kemampuan tinggi, serta mahasiswa
pasca sarjana cenderung lebih akurat dalam menilai dirinya sendiri.
Mahasiswa dengan pengalaman banyak cenderung untuk menilai
dirinya lebih rendah daripada seharusnya.
Dampak Evaluasi Diri Terhadap Keberhasilan Mahasiswa
Beberapa hal positif yang dapat diperoleh dengan mengajar
mahasiswa untuk mengevaluasi dirinya sendiri antara lain adalah
bahwa evaluasi diri dapat mengembangkan kemampuan
mahasiswa untuk secara realistik mengadakan penilaian mengenai
kinerjanya, serta kemampuan untuk memonitor proses belajarnya
sendiri (Baud & Dublin, 1983). Lama kelamaan mahasiswa akan
mampu menentukan sendiri tujuan-tujuan belajar serta tugas-tugas
yang memberikannya harapan akan keberhasilan. Harapan akan
keberhasilan ini merupakan faktor yang memberinya daya tahan
untuk mengerjakan suatu tugas sampai selesai dengan baik
(Worell & Stiwell. 1981). Keberhasilan ini akan memberikan rasa
bangga pada mahasiswa sehingga ia akan termotivasi untuk
bekerja dan belajar lebih giat lagi.
Pada mahasiswa akan timbul konsep diri positif bahwa ia mampu
mengerjakan tugas dengan baik. Seperti dikatakan oleh Worell &
Stilwell, konsep diri pada mahasiswa juga terbentuk sebagai akibat
adanya interaksi dengan lingkungan. khususnya interaksi
evaluasional dengan orang lain.
357