Page 368 - Cakrawala Pendidikan
P. 368
Evaluasi Diri dan Dampaknya ...
Perlu diingat b~hwa pada umumnya mahasiswa Universitas
Terbuka adalah orang-orang yang telah dewasa. Kedewasaan ini
menyebabkan mereka telah mempunyai motivasi internal yang
stabil dan tinggi, serta kemampuan untuk menanggulangi kesulitan-
kesulitan yang mereka hadapi (Holmberg, 1992). Dengan
demikian evaluasi diri secara umum tidak akan banyak membawa
kesulitan bagi mereka. (Piper, 1976; Dressel & Marcus, 1982).
Penutup
Dari apa yang telah dibicarakan di muka terlihat bahwa evaluasi diri
merupakan sesuatu yang perlu diajarkan kepada mahasiswa
karena hat tersebut akan dapat: {1) membantu mahasiswa
menentukan tujuan-tujuan yang bersifat realistik yang dapat
tercapai, (2) membantu mahasiswa untuk memilih aktivitas-
aktivitas yang dapat dilaksanakan dengan berhasil baik, (3)
mahasiswa mempunyai harapan-harapan akan keberhasilan, {4)
mahasiswa mempunyai tanggung jawab terhadap tugas-tugas
yang dilaksanakannya, dan (5) mahasiswa mempunyai
kemampuan untuk bekerja secara mandiri.
Menurut Worell & Stilwell (1981) dan Feldman (1986) untuk
memungkinkan mahasiswa mengadakan evaluasi diri sehingga
mereka mampu meningkatkan kinerjanya, dosen perlu membuat
program pengajaran yang mencakup hal-hal tersebut di bawah ini:
1. Menyesuaikan tingkat kesulitan tugas-tugas dan tujuan belajar
dengan kemampuan mahasiswa agar mereka mempunyai
harapan untuk berhasil;
2. mengatur strategi pengajaran sedemikian rupa sehingga
semua siswa dapat memperoleh keberhasilan;
3. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk
mengobservasi dirinya sendiri (mula-mula dengan bantuan
dosen), dan mengadakan penilaian;
4. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk ikut serta di
dalam kegiatan-kegiatan yang mempunyai nilai tinggi dan
membangkitkan minat mahasiswa;
359