Page 368 - Cakrawala Pendidikan
P. 368

Evaluasi Diri dan Dampaknya ...

      Perlu  diingat  b~hwa  pada  umumnya  mahasiswa  Universitas
      Terbuka  adalah  orang-orang  yang  telah  dewasa.  Kedewasaan  ini
      menyebabkan  mereka  telah  mempunyai  motivasi  internal  yang
      stabil dan tinggi, serta kemampuan untuk menanggulangi kesulitan-
      kesulitan  yang  mereka  hadapi   (Holmberg,  1992).  Dengan
      demikian evaluasi diri secara  umum  tidak  akan  banyak membawa
      kesulitan bagi mereka. (Piper,  1976; Dressel & Marcus,  1982).

      Penutup
      Dari apa yang telah dibicarakan di muka terlihat bahwa evaluasi diri
      merupakan  sesuatu  yang  perlu  diajarkan  kepada  mahasiswa
      karena  hat  tersebut  akan  dapat:  {1)  membantu  mahasiswa
      menentukan  tujuan-tujuan  yang  bersifat  realistik  yang  dapat
      tercapai,  (2)  membantu  mahasiswa  untuk  memilih  aktivitas-
      aktivitas  yang  dapat  dilaksanakan  dengan  berhasil  baik,  (3)
      mahasiswa  mempunyai  harapan-harapan  akan  keberhasilan,  {4)
      mahasiswa  mempunyai  tanggung  jawab  terhadap  tugas-tugas
      yang   dilaksanakannya,   dan   (5)   mahasiswa   mempunyai
      kemampuan untuk bekerja secara mandiri.

      Menurut  Worell  &  Stilwell  (1981)  dan  Feldman  (1986)  untuk
      memungkinkan  mahasiswa  mengadakan  evaluasi  diri  sehingga
      mereka  mampu  meningkatkan  kinerjanya,  dosen  perlu  membuat
      program pengajaran yang mencakup hal-hal tersebut di bawah ini:

      1.   Menyesuaikan tingkat kesulitan tugas-tugas dan tujuan belajar
          dengan  kemampuan  mahasiswa  agar  mereka  mempunyai
          harapan untuk berhasil;

      2.   mengatur  strategi  pengajaran  sedemikian  rupa  sehingga
          semua siswa dapat memperoleh keberhasilan;
      3.   Memberi    kesempatan    kepada     mahasiswa     untuk
          mengobservasi  dirinya  sendiri  (mula-mula  dengan  bantuan
          dosen), dan mengadakan penilaian;
      4.   Memberi  kesempatan  kepada  mahasiswa  untuk  ikut serta  di
          dalam  kegiatan-kegiatan  yang  mempunyai  nilai  tinggi  dan
          membangkitkan minat mahasiswa;





                                                               359
   363   364   365   366   367   368   369   370   371   372   373