Page 367 - Cakrawala Pendidikan
P. 367
Menurut Carlson (1987) eva:uasi diri merupakan penguatan yang
terkondisi dan yang dapat meningkatkan keberhasilan akademik
maupun pengembangan tingkah laku yang diharapkan.
Evaluasi Diri Bagi Mahasiswa Universitas Terbuka
Pendidikan jarak jauh seperti yang diselenggarakan oleh
Universitas Terbuka mempunyai ciri khas yaitu bahwa interaksi
fisik antara dosen dan mahasiswa sangat keel! dibanding dengan
mahasiswa biasa. Proses belajar dapat dikatakan sepenuhnya
mengenai proses belajar mereka sendiri. Karenanya, menurut
Amundsen (1993) mereka harus mempunyai kemampuan untuk
mengarahkan diri sendiri (self directedness).
Untuk membantu mahasiswa di dalam proses belajarnya, mereka
perlu diajari agar dapat mengukur kebiasaan dan keberhasilan
belajar sendiri dalam usaha mencapai tujuan. Salah satu cara yang
telah diterapkan di UT selama ini adalah diberikannya latihan-
latihan dan pertanyaan/soal yang terdapat pada setiap akhir
Kegiatan Belajar di dalam modul. Mahasiswa diminta untuk
memberikan respons dan mereka akan memperoleh umpan balik
segera dengan mencocokkan jawabannya dengan kunci yang
terdapat di setiap akhir modul. Latihan-latihan dan soal-soal
'te.rsebut berfungsi sebagai alat diagnosis dan remedial dalam
mendeteksi masalah-masalah serta kesulitan belajar (Gale, 1984).
Mahasiswa dapat mengukur sendiri keunggulan/kelemahan
mereka, menilai pekerjaan sendiri, serta menentukan kriteria yang
penting baginya. Dengan demikian mahasiswa dapat
meningkatkan proses belajar mereka secara aktif, yang pada
akhirnya akan mempunyai pengaruh pada konsep diri dan motivasi
mereka, mengurangi keceniasan dan meningkatkan kepercayaan
mereka terhadap kemampuan diri sendiri.
Selanjutnya Gale mengutip beberapa penelitian yang menunjukkan
bahwa adanya latihan dan soal-soal tersebut o!eh sebagian
mahasiswa Universitas Terbuka dianggap sebagai penting dan
berguna serta dapat memperlancar studi mereka. Apakah hal
tersebut juga perlu berlaku di Indonesia perlu diteliti.
358