Page 369 - Cakrawala Pendidikan
P. 369
Toeti Soekamto
5. .VIemberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
melakukan penguatan diri terhadap usaha-usaha serta daya
tahan yang telah ditunjukkan dalam melaksanakan tugas;
6. Mendorong mahasiswa untuk mengantisipasi konsekuensi
tingkah laku mereka, baik untuk mereka sendiri maupun untuk
orang lain, dan;
7. Membantu mahasiswa untuk menghadapi kegagalan secara
konstruktif.
Semua hal tersebut di atas akan dapat membantu mahasiswa
mengembangkan kepribadiannya sebagai seorang terpe!ajar dan
profesional yang mampu bekerja secara mandiri, berpikir, dan
mengambil keputusan-keputusan berdasarkan pertimbangan dan
penilaian yang dibuatnya, mampu secara kritis menilai dirinya
sendiri dalam melaksanakan tugas, serta mampu mengembangkan
diri lebih lanjut di masa yang akan datang.
Referensi
Amundsen, C. (1993). The Evaluation Of Theory In Distance
Education. Dalam Desmond Keegan (ed). Theoretical
Principles Of Distance Edacation. (hal 61-79). London:
Routledge.
Boud, D. & Falchikov, N. (1989a). Quantitative Studies of Students
Self Assessment In Highei Education. Higer Education.
18.p.529- 549.
989b). Student Self Assessment In Higher
Education. A Meta-Analysis. Review of Educational Research.
59 (4). p. 395- 430.
Boud, D. & Lublin, J. (1983). Self Assessment In Professional
Education: A Report To The Commonwealth Research and
Development Committee. Sydney: Tertiary Educational
Research Centre, UNSW.
Carlson, N.R. (1987). Psychology. The Science Of Behavior. 2nd
ed. Boston: Allyn & Bacon, Inc.
360