Page 369 - Cakrawala Pendidikan
P. 369

Toeti Soekamto


            5.   .VIemberikan   kesempatan   kepada   mahasiswa    untuk
                melakukan  penguatan  diri  terhadap  usaha-usaha  serta  daya
                tahan yang telah ditunjukkan dalam melaksanakan tugas;
            6.   Mendorong  mahasiswa  untuk  mengantisipasi  konsekuensi
                tingkah laku mereka,  baik untuk mereka sendiri maupun untuk
                orang lain,  dan;
            7.   Membantu  mahasiswa  untuk  menghadapi  kegagalan  secara
                konstruktif.

            Semua  hal  tersebut  di  atas  akan  dapat  membantu  mahasiswa
            mengembangkan  kepribadiannya  sebagai  seorang  terpe!ajar  dan
            profesional  yang  mampu  bekerja  secara  mandiri,  berpikir,  dan
            mengambil  keputusan-keputusan  berdasarkan  pertimbangan  dan
            penilaian  yang  dibuatnya,  mampu  secara  kritis  menilai  dirinya
            sendiri dalam melaksanakan tugas, serta mampu mengembangkan
            diri lebih lanjut di masa yang akan datang.

            Referensi
            Amundsen,  C.  (1993).  The  Evaluation  Of  Theory  In  Distance
                Education.  Dalam  Desmond  Keegan  (ed).     Theoretical
                Principles  Of  Distance  Edacation.  (hal  61-79).  London:
                Routledge.

            Boud,  D.  & Falchikov,  N.  (1989a).  Quantitative  Studies of Students
                Self  Assessment  In  Highei  Education.  Higer  Education.
                18.p.529- 549.

                          989b).   Student  Self  Assessment  In   Higher
                Education. A Meta-Analysis.  Review of Educational Research.
                59 (4). p.  395- 430.
            Boud,  D.  &  Lublin,  J.  (1983).  Self  Assessment  In  Professional
                Education:  A  Report  To  The  Commonwealth  Research  and
                Development  Committee.    Sydney:  Tertiary   Educational
                Research Centre, UNSW.

            Carlson,  N.R.  (1987).  Psychology.  The  Science  Of Behavior.  2nd
                ed. Boston: Allyn & Bacon,  Inc.




            360
   364   365   366   367   368   369   370   371   372   373   374