Page 373 - Cakrawala Pendidikan
P. 373

Uclin S.


           8  Luar  Sekolah,  yang  di  dalamnya  mencakup  materi  geografi,
           sejarah,  dan  ekonomi   koperasi,  dan  IPS  terpisah  di  Sekolah
           Menengah Umum (SMU) yang  terdiri atas mata pelajaran geografi,
           sejarah,  antropologi,  sosiologi,  ekonomi,  dan  tata  negara.  Tujuan
           utama  program  pendidikan  tersebut  adalah  menyiapkan  peserta
           didik  sebagai  anggota  masyarakat  dan  warga  negara yang  baik
           dan  memberi dasar pengetahuan dalam masing-masing  bidangnya
           untuk  kelanjutan  pendidikan  jenjang  di  atasnya  (Depdikbud, 1994;
           1984;  1975). Secara kelembagaan program pendidikan  ini  dikelola
           dan  dibina  oleh  Direktorat  Jenderal  Pendidikan  Dasar  dan
           Menengah  beserta  satuan pengelola pendidikan di  bawahnya.
           Sementara  itu,  PDIPS  pada  dasarnya  merupakan  program
           pendidikan  guru  IPS  yang  dikelola  dan  dibina  di  Fakultas
           Pendidikan  IPS  - lnstitut Keguruan  dan  llmu  Pendidikan  (IKIP),
           dan di  Jurusan Pendidikan IPS-Sekolah  Tinggi Keguruan  dan  llmu
           Pendidikan  (STKIP)  atau  Fakultas  Keguruan  dan  llmu  Pendidikan
           (FKIP)  suatu  universitas.  Tujuan  utama  program  ini  adalah
           menghasilkan guru IPS dan PPKN yang  pada dasarnya menguasai
           konsep-konsep esensial ilmu-ilmu  sosial dan  materi  disiplin ilmu
           lainnya yang  terkait,  dan  mampu  membelajarkan  peserta didiknya
           secara  bermakna.  Oleh  karena  itu  para  mahasiswa  program
           pendidikan  ini  antara lain  dituntut untuk mempelajari tiga  kelompok
           program  kurikuler,  yakni  kelompok  mata  kuliah  keilmuan  sosial
           dalam rangka  pembelajaran  IPS, teknologi pembelajaran IPS, dan
           kurikulum  serta pembelajaran  IPS  persekolahan.

           Konsep "Social Studies" Secara Umum
           Untuk melihat bagaimana  perkembangan  konsep  "social  studies"
           secara   umum,    tampaknya    perlu   dikembalikan   kepada
           perkembangan pemikiran  dan praksis dalam  bidang itu di Amerika
           Serikat (AS), yang penulis anggap sebagai salah satu negara  yang
           telah  menunjukkan  reputasi  akademis dalam bidang  itu.  Reputasi
           tersebut  tampak  da!am  perkembangan  pemikiran  mengenai
           bidang itu seperti dapat disimak dari berbagai karya akademis yang
           dipublikasikan oleh  National Council  for the  Social Studies (NCSS)
           sejak  pertemuan  organisasi  tersebut pertama  kalinya  tanggal  28-
           30  Nopember  1935  sampai  sekarang.  Dalam  pertemuan  itu




           366
   368   369   370   371   372   373   374   375   376   377   378