Page 203 - Cakrawala Pendidikan
P. 203

Menumbuhkan dan Memelihara ...

         Menarik  perhatian  tentulah  tidak  cukup.  Tantangan  yang
         sebenarnya  adalah  bagaimana memeliharanya.  Tentulah  sulit bagi
         mahasiswa  untuk  tertarik  pada  sesuatu  yang  tidak  dimengerti.
         Memberikan  contoh  dan  analogi  yang  sesuai  dengan  pengalaman
         mahasiswa merupakan salah satu cara untuk menjelaskan konsep-
         konsep  baru  yang  memungkinkan  mahasiswa  lebih  memahami
         konsep  tersebut.  Dalam  memberikan  contoh,  menunjukkan
         penerapan  suatu  konsep  dalam  kehidupan  sehari-hari  merupakan
         ide  yang  bagus.  Bukti-bukti  yang  menunjukkan  bahwa  apa  yang
         mereka  pelajari  dapat  diterapkan  akan  meningkatkan  minat  dan
         apresiasi  mereka  terhadap  topik  yang  dibahas.  Analogi  penttng
         untuk  meningkatkan  minat  terhadap  sesuatu  karena  analogi
         memperlihatkan ide  atau  konsep baru dan  informasi  dalam  bentuk
         dan  konteks  yang  sudah  diketahui  oleh  mahasiswa.  Di  samping
         menggunakan  contoh-contoh  dan  analogi,  pembahasan  materi
         yang dilengkapi dengan alat peraga seperti foto,  slide,  kaset audio,
         video  atau   model-model  akan   meningkatkan   pemahaman
         mahasiswa  terhadap  materi  pelajaran.  Materi  yang  terlalu  abstrak
         akan menyulitkan mahasiswa untuk berkonsentrasi.

         Materi  pelajaran  hendaknya  diorganisasikan  dalam  langkah-
         langkah  yang  jelas  dan  mudah  diikuti  sehingga  mahasiswa  akan
         lebih  mudah  memahami  materi  pelajaran.  Adalah  penting  untuk
         memberi "tanda" untuk membantu mahasiswa menentukan dengan
         mudah  dan  mengingat  butir-butir  penting  (Keller,  1987b).
         Pengulangan juga merupakan teknik yang tepat untuk memberikan
         petunjuk bahwa suatu  konsep merupakan hal yang  penting.  Tetapi
         pengulangan  sebaiknya  tidak  terlalu  sering  digunakan  karena  hal
         itu akan menimbulkan kebosanan.
         Untuk  membantu  mahasiswa  lebih  memahami  apa  yang  mereka
         pelajari,  perlu  diberikan  latihan.  Dengan  mempraktikkan  apa  yang
         telah   dipelajari,   mahasiswa   memi!iki   kesempatan   untuk
         menerapkan   pengalaman    belajarnya.   Melalui   kegiatan   1n1
         mahasiswa  akan  memiliki  persepsi  diri  bahwa  mereka  adalah
         mahasiswa  yang  berhasil.  Sebelum  memberikan  latihan  atau
         tugas,  perlu  dijelaskan  apa  yang  harus dilakukan  oleh  mahas1swa.
         Hal  in1  pent1ng  untuk  mencegah  kegagalan  mahasiswa  dalam
         melaksanakan tugas hanya karena ketidakjelasan petunjuk.  Selain



                                                                  193
   198   199   200   201   202   203   204   205   206   207   208