Page 203 - Cakrawala Pendidikan
P. 203
Menumbuhkan dan Memelihara ...
Menarik perhatian tentulah tidak cukup. Tantangan yang
sebenarnya adalah bagaimana memeliharanya. Tentulah sulit bagi
mahasiswa untuk tertarik pada sesuatu yang tidak dimengerti.
Memberikan contoh dan analogi yang sesuai dengan pengalaman
mahasiswa merupakan salah satu cara untuk menjelaskan konsep-
konsep baru yang memungkinkan mahasiswa lebih memahami
konsep tersebut. Dalam memberikan contoh, menunjukkan
penerapan suatu konsep dalam kehidupan sehari-hari merupakan
ide yang bagus. Bukti-bukti yang menunjukkan bahwa apa yang
mereka pelajari dapat diterapkan akan meningkatkan minat dan
apresiasi mereka terhadap topik yang dibahas. Analogi penttng
untuk meningkatkan minat terhadap sesuatu karena analogi
memperlihatkan ide atau konsep baru dan informasi dalam bentuk
dan konteks yang sudah diketahui oleh mahasiswa. Di samping
menggunakan contoh-contoh dan analogi, pembahasan materi
yang dilengkapi dengan alat peraga seperti foto, slide, kaset audio,
video atau model-model akan meningkatkan pemahaman
mahasiswa terhadap materi pelajaran. Materi yang terlalu abstrak
akan menyulitkan mahasiswa untuk berkonsentrasi.
Materi pelajaran hendaknya diorganisasikan dalam langkah-
langkah yang jelas dan mudah diikuti sehingga mahasiswa akan
lebih mudah memahami materi pelajaran. Adalah penting untuk
memberi "tanda" untuk membantu mahasiswa menentukan dengan
mudah dan mengingat butir-butir penting (Keller, 1987b).
Pengulangan juga merupakan teknik yang tepat untuk memberikan
petunjuk bahwa suatu konsep merupakan hal yang penting. Tetapi
pengulangan sebaiknya tidak terlalu sering digunakan karena hal
itu akan menimbulkan kebosanan.
Untuk membantu mahasiswa lebih memahami apa yang mereka
pelajari, perlu diberikan latihan. Dengan mempraktikkan apa yang
telah dipelajari, mahasiswa memi!iki kesempatan untuk
menerapkan pengalaman belajarnya. Melalui kegiatan 1n1
mahasiswa akan memiliki persepsi diri bahwa mereka adalah
mahasiswa yang berhasil. Sebelum memberikan latihan atau
tugas, perlu dijelaskan apa yang harus dilakukan oleh mahas1swa.
Hal in1 pent1ng untuk mencegah kegagalan mahasiswa dalam
melaksanakan tugas hanya karena ketidakjelasan petunjuk. Selain
193