Page 202 - Cakrawala Pendidikan
P. 202
Siti Julaeha
keberhasilan tertentu adalah mung kin jika mereka cukup berusaha.
Oleh karena itu, tepat apabila memulai tutorial dengan cara yang
mudah, santai, sampai mahasiswa merasa yakin akan kemampuan
dirinya. Misalnya, tutor memulai tutorial dengan memperkenalkan
dirinya. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
memperkenalkan dirinya juga merupakan ide yang bag us. Kegiatan
semacam ini dapat menurunkan tekanan emosi pada awal tutorial.
Di samping itu, ada beberapa mahasiswa yang memiliki konsep diri
yang negatif. Bagi mereka perlu diberikan pengalaman belajar
yang memungkinkan mereka memperoleh rasa penghargaan diri
yang positif. Tutor sebaiknya menekankan kegiatan tutorial pada
kekuatan yang dimiliki mahasiswa untuk membantu mereka
memiliki rasa senang terhadap dirinya sendiri. Dengan
menekankan pada kekuatan mahasiswa, tutor dapat mengubah
konsep diri yang negatif menjadi positif.
Menurut Keller {1987b), minat dan perhatian merupakan prasyarat
untuk belajar. Oleh karena itu, tugas pertama pengembang
pembelajaran adalah menciptakan lingkungan belajar yang
menarik, bermanfaat dan cukup menantang bagi mahasiswa.
Karakteristik "menarik, bermanfaat, dan cukup menantang" ini tidak
hanya berasal dari materi pelajaran itu sendiri tetapi dapat juga
berasal dari cara materi tersebut dibahas (Keller, 1987a). Dengan
kata lain, gaya pembahasan atau strategi yang digunakan dalam
membahas materi pelajaran mempengaruhi motivasi belajar
mahasiswa. Berkenaan dengan hal tersebut, materi pelajaran
harus disajikan dengan cara yang menarik, yang memuaskan, dan
meningkatkan rasa ingin tahu mahasiswa terhadap materi
pelajaran (Keller, 1987a; Slavin, 1991 }. Pembahasan materi dapat
dimulai dengan menyajikan fakta yang bertentangan atau dengan
mengajukan pertanyaan. Teknik pembahasan semacam ini akan
membangkitkan konflik mental dan kemudian akan mendorong
timbulnya keinginan untuk menyelidiki. Minat mahasiswa akan
hilang a~abila materi pelajaran selalu dibahas dengan cara yang
monoton. Penting kiranya untuk menggunakan teknik pembahasan
yang bervariasi, seperti menggunakan "concept trees", menyajikan
masalah, atau menggunakan visualisasi untuk memelihara
perhatian mahasiswa.
192