Page 197 - Cakrawala Pendidikan
P. 197

Menumbuhkan dan Memelihara ...


       bermanfaat suatu  kegiatan  semakin aktif mahasiswa terlibat dalam
       kegiatan  tersebut.  Dengan  memperhatikan  faktor  ini,  pengembang
       pembelajaran  harus  mengembangkan  bahan ajar dan  tutorial yang
       dapat  menarik  perhatian  mahasiswa,  membangun  minat  mereka,
       dan mel1batkan mereka dalam proses belajar.

       Emosi mengacu  pada  penga!aman  individu  selama  proses  belajar.
       Emosi  dapat  merupakan  pendorong  1;~trinsik.  Hal  ini  menunjukkan
       bahwa  keterlibatan emosi  mahasisv-,c:·  dalam  proses  beiaJar  adaiah
       penting  untuk  memelihara  motivas1  belaJar  mereka.  Oleh  karena
       itu,  tugas  pengembang  pembelajaran  ada:ah  memeiihara  suasana
       emosi  untuk  meningkatkan  keterlibatan  emosi  mahasiswa  dalam
       belajar.  Pengembang  pembe!ajaran  yang  efektif  selalu  melihat
       keharmonisan antara emosi dan pikiran  sebagai tenaga pendorong
       mahasiswa untuk tetap aktif belajar.

       Kemampuan  mengacu  kepada  kemampuan  individu        untuk
       merespon  sebagai  has11  belajar  (Perlmutter  &  Hall.  1992)
       Mahasiswa  akan  merasa  memiliki  kemampuan  apabiia  mereka
       menyadari  bahwa  mereka  te!ah  mencapai  tingkat  pengetahuan
       atau  keterampilan  tertentu  yang  sesua1  dengan  stanaar  pribad1
       atau  sos1al.  Berkenaan  dengan  hal  in1  pengembang  pembelaJaran
       hendaknya  mengembangkan  bahan  aJar  dan  tutorial  yang
       memungkinkan  mahasiswa  memperoleh  kemampuan  tertentu.
       Motivasi belajar mahasiswa akan  meningkat apabila  proses  belajar
       meningkatkan  kesadaran  mereka  akan  kemajuan.  penguasaan,
       dan tanggung jawab dalam belajar.

       Penguatan  adalah  segala  kegiatan  yang  memelihara  dan
       meningkatkan    kemungkinan   untuk   merespon   lebih   lanjut
        (Wlodkowski,  1985).  Semakin  tepat  proses  belajar  memberikan
        penguatan  terhadap  tingkah  laku  mahas1swa.  semakin  memngkat
        motivas1 belajar mahas1swa.

        Sementara  Wlodkowski  mengemukakan  enam  faktor  yang  harus
        dipertimbangkan   dalam   merencanakan   dan   melaksanakan
        pembelajaran  yang  memotivasi,  Keller  dalam  (Hirumi  &  Bower,
        1991)   menyarankan   bahwa,    untuk   memotivasi   individu,




                                                                 187
   192   193   194   195   196   197   198   199   200   201   202