Page 199 - Cakrawala Pendidikan
P. 199

Menumbuhkan dan Memelihara ...


      membantu  mahasiswa memperkirakan  kemungkinan  keberhasilan.
      Menyediakan  balikan  dan  kesempatan  untuk  mengontrol  juga
      membantu  mahasiswa  membuat  hubungan  antara  keberhasilan
      dan usaha.

      Satisfaction  (kepuasan)  mengacu  pada  perasaan  senang  individu
      terhadap  penguasaan  mereka.  Kepuasan  ini  penting  untuk
      memelihara  motivasi.  Jika  hasil  usaha  mahasiswa  sesuai  dengan
      harapan  mereka  dan  jika  mereka  merasa  senang  akan  hasil  yang
      diperoleh,  mereka  mungkin  akan  terus  termotivas:  untuk  ter\1bat
      da~a:-11  proses     (Ke:!er.
      yan;:;
      rneniberika::
      pengetahua:,
      :)a!ikan



      Pengembangan Pembdajrt.rc.n yang Memotivasi
      Secara umum,  setiap pembelajaran baik tatap muka melalui tutorial
      rr1au~un  jarak-jauh  me!alui  bahan  a;ar.  terdiri  atas  empat
      komponen.    Keempat    kc-Jmponen   tersebut   adalah   tujuan
      pembelajaran,  rnateri             proses  pembeiajaran,  dan
      evaluasi.  Untuk  menu;;;buhkan  dan  merreiihara  motivasi  belaJar
      mahasiswa.    dalarn   rr:engen:~angkan   keempat   komponen
      pernbeiajaran   tersebut,   pengembang   pembelajaran   harus
      mempertimbangkan       ind1kator-indikator   motivasi   yang
      mempengaruhi belajar mahas1swa.

       Tujuan Pembelajaran
      Tujuan  pembe!ajaran  menggambarkan  kemampuan  atau  tingkat
      penguasaan  yang  diharapkan  dicapai  oleh  mahasiswa  setelah
      mereka mengikuti suatu proses pembelajaran.  Dalam merumuskan
      tujuan   pembelajaran,   pengembang   pembelajaran   sebaiknya
      memperhatikan    kebutuhan,   minat,   atau   tujuan   mahasiswa
       mengikuti  suatu  mata  kuliah.  Hal  ini  perlu  diperhatikan  karena
      apabila  mahasiswa  melihat  kesesuaian  antara  tujuan  mereka
      dengan  tujuan  pembelajaran,  motivasi  belajar  mereka  akan
      tumbuh.



                                                               189
   194   195   196   197   198   199   200   201   202   203   204