Page 199 - Cakrawala Pendidikan
P. 199
Menumbuhkan dan Memelihara ...
membantu mahasiswa memperkirakan kemungkinan keberhasilan.
Menyediakan balikan dan kesempatan untuk mengontrol juga
membantu mahasiswa membuat hubungan antara keberhasilan
dan usaha.
Satisfaction (kepuasan) mengacu pada perasaan senang individu
terhadap penguasaan mereka. Kepuasan ini penting untuk
memelihara motivasi. Jika hasil usaha mahasiswa sesuai dengan
harapan mereka dan jika mereka merasa senang akan hasil yang
diperoleh, mereka mungkin akan terus termotivas: untuk ter\1bat
da~a:-11 proses (Ke:!er.
yan;:;
rneniberika::
pengetahua:,
:)a!ikan
Pengembangan Pembdajrt.rc.n yang Memotivasi
Secara umum, setiap pembelajaran baik tatap muka melalui tutorial
rr1au~un jarak-jauh me!alui bahan a;ar. terdiri atas empat
komponen. Keempat kc-Jmponen tersebut adalah tujuan
pembelajaran, rnateri proses pembeiajaran, dan
evaluasi. Untuk menu;;;buhkan dan merreiihara motivasi belaJar
mahasiswa. dalarn rr:engen:~angkan keempat komponen
pernbeiajaran tersebut, pengembang pembelajaran harus
mempertimbangkan ind1kator-indikator motivasi yang
mempengaruhi belajar mahas1swa.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembe!ajaran menggambarkan kemampuan atau tingkat
penguasaan yang diharapkan dicapai oleh mahasiswa setelah
mereka mengikuti suatu proses pembelajaran. Dalam merumuskan
tujuan pembelajaran, pengembang pembelajaran sebaiknya
memperhatikan kebutuhan, minat, atau tujuan mahasiswa
mengikuti suatu mata kuliah. Hal ini perlu diperhatikan karena
apabila mahasiswa melihat kesesuaian antara tujuan mereka
dengan tujuan pembelajaran, motivasi belajar mereka akan
tumbuh.
189