Page 194 - Cakrawala Pendidikan
P. 194
Siti Julaeha
Dalam pendidikan konvensional,motivasi belajar mahasiswa dapat
ditumbuhkan dan dipelihara oleh guru. Melalui penyajian atau
pembahasan materi pelajaran yang menarik, bermanfaat. dan
cukup menantang, mahasiswa akan termotivasi untuk
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dalam sistem
belajar jarak jauh kehadiran guru digantikan oleh bahan ajar yang
dapat dipelajari oleh mahasiswa secara mandiri. Oleh karena itu,
untuk menumbuhkan dan memelihara motivasi belajar mahasiswa
dalam sistem belajar jarak jauh perlu dikembangkan bahan ajar
yang menarik, bermanfaat, dan cukup menantang untuk dipelajari
oleh mahasiswa.
Sesungguhnya pengembang bahan ajar dan tutor tidak dapat
memotivasi mahasiswa secara langsung. Tetapi, pengembang
bahan ajar atau tutor dapat mengembangkan atau menciptakan
lingkungan belajar yang dapat membangkitkan semangat
mahasiswa agar tertarik dan terlibat dalam kegiatan belajar dan
melakukan yang terbaik. Motivasi itu ibarat bara, dapat padam
tetapi dapat juga berkobar. Tugas pengembang bahan ajar dan
tutor adalah menumbuhkan dan memelihara motivasi mahasiswa
agar mereka tetap bersemangat untuk belajar.
Berkenaan dengan hal tersebut, uraian berikut akan menyajikan
pengembangan pembelajaran dalam sistem belajar jarak jauh yang
dapat menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar
mahasiswa secara efektif. Uraian tersebut akan didahului dengan
pembahasan tentang pengertian motivasi belajar, peranan motivasi
dalam proses belajar, serta faktor-faktor yang dapat meningkatkan
motivasi belajar.
Pengertian Motivasi Belajar
Kata "motivasi" digunakan untuk menjelaskan suatu dorongan,
kebutuhan, atau keinginan untuk melakukan sesuatu (Slavin 1991 );
Jadi, motivasi adalah sesuatu yang mendorong dan mengarahkan
individu untuk melakukan sesuatu. Konsep motivasi berhubungan
dengan alasan orang melakukan apa yang mereka kerjakan.
Jawaban atas pertanyaan, seperti: mengapa seseorang
melanjutkan pendidikannya, mengapa dia melakukan olah raga
184