Page 191 - Cakrawala Pendidikan
P. 191

Interaktivitas Dalam Proses


        Penutup
        Proses  pembelajaran  interaktif  yang  semakin  dituntut  dalam
        penyelenggaran  SPJJ  pada  dasarnya  dapat  dicapai  melalui
        pemanfaatan  berbagai jenis media,  baik  media  sederhana  (seperti
        media cetak yang sangat umum digunakan, kombinasi media cetak
        dengan  media  non  cetak)  sampai  kepada  media  yang  memiliki
        teknologi  yang  cukup  tingg1  (seperti  komputer).  Mas1ng-masing
        media  dan  teknologi  memerlukan  penanganan  dan  rancangan
        khusus  untuk  dapat  menghadirkan  interaktifitas  dalam  proses
        pembelajaran.  Kualitas  interaksi  yang  dapat  dihadirkan  melalui
        masing-masing  media  tidak  hanya  bergantung  pada  jenis  media/
        teknologi  yang  digunakan  melainkan  terletak  pada  bagaimana
        perancangan dan penerapannya.




        Daftar Pustaka
        Armstrong,  B.  (1990).  STARNET:  Interactive  Training  by  Satellite,
            Educational  and  Training  Technology  International,  Volume
            27,3, 249-53
        Bates,  T.  (1995).  Technology,  Open  Learning  and  Distance
            Education.  New York:  Routledge
        Heinich,R.,  Molenda,M.,  Russell,  Smaldino,S.  (1996).  Instructional
            Media  and  Technologies  for  Learning.  New  Jersey:  Prentice
            Hall.
        Keegan,  D.  (1991 ).  Foundations  of  Distance  Education.  Great
            Britain:  Biddies Ltd.
        Olgren,  C.H.,  dan Paker,  LA (1983).  Teleconferencing  Technology
            and Applications,  Norwood,M.A:Cambridge University Press.
        Mason,R  ..  (1994).  Using  Communications  Media  in  Open  dan
            Flexible Learning.  London:  Kogan Page.
        Moore,  M.G.  (1989).  Three  Types  of Interaction.  The  American
            Journal of Distance Education /(2),  1-5.






                                                                 181
   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196