Page 191 - Cakrawala Pendidikan
P. 191
Interaktivitas Dalam Proses
Penutup
Proses pembelajaran interaktif yang semakin dituntut dalam
penyelenggaran SPJJ pada dasarnya dapat dicapai melalui
pemanfaatan berbagai jenis media, baik media sederhana (seperti
media cetak yang sangat umum digunakan, kombinasi media cetak
dengan media non cetak) sampai kepada media yang memiliki
teknologi yang cukup tingg1 (seperti komputer). Mas1ng-masing
media dan teknologi memerlukan penanganan dan rancangan
khusus untuk dapat menghadirkan interaktifitas dalam proses
pembelajaran. Kualitas interaksi yang dapat dihadirkan melalui
masing-masing media tidak hanya bergantung pada jenis media/
teknologi yang digunakan melainkan terletak pada bagaimana
perancangan dan penerapannya.
Daftar Pustaka
Armstrong, B. (1990). STARNET: Interactive Training by Satellite,
Educational and Training Technology International, Volume
27,3, 249-53
Bates, T. (1995). Technology, Open Learning and Distance
Education. New York: Routledge
Heinich,R., Molenda,M., Russell, Smaldino,S. (1996). Instructional
Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice
Hall.
Keegan, D. (1991 ). Foundations of Distance Education. Great
Britain: Biddies Ltd.
Olgren, C.H., dan Paker, LA (1983). Teleconferencing Technology
and Applications, Norwood,M.A:Cambridge University Press.
Mason,R .. (1994). Using Communications Media in Open dan
Flexible Learning. London: Kogan Page.
Moore, M.G. (1989). Three Types of Interaction. The American
Journal of Distance Education /(2), 1-5.
181