Page 196 - Cakrawala Pendidikan
P. 196

Siti Julaeha

         akan  menurun.  Sebagai suatu  hasil,  motivasi merupakan  hasil dari
         suatu  pembelajaran  yang  efektif.  Pembelajaran  yang  menarik.
         bermanfaat,  dan  cocok  bagi  mahasiswa  akan  meningkatkan
         keterlibatan  dan  usaha  mahasiswa  dalam  melaksanakan  tugas
         belajar.  Bila  mahasiswa  mengikuti  pengalaman  belajar  yang
         menarik  dan  bermanfaat,  mereka  akan  bermmat  terhadap  materi
         yang  akan  dipelajari  dan  terdorong  menggunakan  apa  yang  telah
         dipelajarinya.

         Faktor-Faktor Yang Dapat Meningkatkan Motivasi
         Belajar

         Wlodkowski  ( 1985)  menyatakan  bahwa  ada  en am  faktor  yang
         mempengaruhi  motivasi  belajar,  yaitu  sikap  (attitudes),  kebutuhan
         (needs).  rangsangan  (slmwlation).  emos1  (affects),  kemampuan
         (competencies),  dan penguatan (reinforcement}.

          Sikap adalah kombinasi antara konsep,  informasi,  dan emosi  yang
         menyebabkan  kecenderungan  individu  untuk  mereaksi  senang
          atau  tidak  senang  terhadap  orang,  kelompok,  ide,  kejadian  atau
         objek-objek  tertentu.  Sikap  mahasiswa  terhadap  tutor,  materi  dan
         situasi  belajar,  dirinya  sebagai  mahasiswa,  dan  terhadap
          harapannya  untuk  berhasil,  mempengaruhi  proses  belajar.  Oleh
          karena   itu,   tugas   pengembang    pembelajaran   adalah
          mengembangkan  bahan  ajar  dan  tutorial  yang  dapat  membuat
          mahasiswa menyukai dan menghargai tutor dan  mata kuliah,  serta
          memi!iki  rasa  percaya  diri  bahwa  mereka  akan  berhasil  dalam
          menangani tugas-tugas belajar.
          Kebutuhan  adalah  suatu  kondisi  kekurangan  yang  mendorong
          individu  untuk  melakukan  sesuatu  untuk  mencapai  tujuan
          (Wlodkowski,  1985).  Semakin  kuat  mahasiswa  merasakan  suatu
          kebutuhan,  semakin  besar  usaha  yang  dilakukannya  untuk
          memenuhi kebutuhan tersebut.  Bahan ajar dan tutorial yang  efektif
          adalah  bahan  ajar  dan  tutorial  yang  dapat  memenuhi  kebutuhan
          dasar mahasiswa.

          Rangsangan  adalah  segala  perubahan  dalam  persepsi  atau
          pengalaman  dengan  lingkungan  yang  menyebabkan  individu
          menjadi  aktif  (Wiodkowski,  1985).  Semakin  menarik  dan


          186
   191   192   193   194   195   196   197   198   199   200   201