Page 196 - Cakrawala Pendidikan
P. 196
Siti Julaeha
akan menurun. Sebagai suatu hasil, motivasi merupakan hasil dari
suatu pembelajaran yang efektif. Pembelajaran yang menarik.
bermanfaat, dan cocok bagi mahasiswa akan meningkatkan
keterlibatan dan usaha mahasiswa dalam melaksanakan tugas
belajar. Bila mahasiswa mengikuti pengalaman belajar yang
menarik dan bermanfaat, mereka akan bermmat terhadap materi
yang akan dipelajari dan terdorong menggunakan apa yang telah
dipelajarinya.
Faktor-Faktor Yang Dapat Meningkatkan Motivasi
Belajar
Wlodkowski ( 1985) menyatakan bahwa ada en am faktor yang
mempengaruhi motivasi belajar, yaitu sikap (attitudes), kebutuhan
(needs). rangsangan (slmwlation). emos1 (affects), kemampuan
(competencies), dan penguatan (reinforcement}.
Sikap adalah kombinasi antara konsep, informasi, dan emosi yang
menyebabkan kecenderungan individu untuk mereaksi senang
atau tidak senang terhadap orang, kelompok, ide, kejadian atau
objek-objek tertentu. Sikap mahasiswa terhadap tutor, materi dan
situasi belajar, dirinya sebagai mahasiswa, dan terhadap
harapannya untuk berhasil, mempengaruhi proses belajar. Oleh
karena itu, tugas pengembang pembelajaran adalah
mengembangkan bahan ajar dan tutorial yang dapat membuat
mahasiswa menyukai dan menghargai tutor dan mata kuliah, serta
memi!iki rasa percaya diri bahwa mereka akan berhasil dalam
menangani tugas-tugas belajar.
Kebutuhan adalah suatu kondisi kekurangan yang mendorong
individu untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan
(Wlodkowski, 1985). Semakin kuat mahasiswa merasakan suatu
kebutuhan, semakin besar usaha yang dilakukannya untuk
memenuhi kebutuhan tersebut. Bahan ajar dan tutorial yang efektif
adalah bahan ajar dan tutorial yang dapat memenuhi kebutuhan
dasar mahasiswa.
Rangsangan adalah segala perubahan dalam persepsi atau
pengalaman dengan lingkungan yang menyebabkan individu
menjadi aktif (Wiodkowski, 1985). Semakin menarik dan
186