Page 200 - Cakrawala Pendidikan
P. 200

Siti Julaeha


           Di samping faktor kesesuaian,  rumusan tujuan pembelajaran harus
           merupakan  pernyataan  yang  jelas.  Pernyataan   1n1   harus
           menggambarkan  tingkah  laku  yang  diharapkan  dikuasai  oleh
           mahasiswa  sebagai  bukti  keberhasilan  belajar.  Tingkah  laku  yang
           tercantum  dalam  rumusan  tujuan  pembelajaran  harus  merupakan
           tingkah  laku  yang  dapat  diamati.  lni  penting  karena,  bila
           mahasiswa  memahami  dengan  jelas  kemampuan  apa  yang
           diharapkan  untuk  dikuasai,  kebingungan  akibat  ketidakjelasan
           tujuan  tidak akan  terjadi.  Selain  itu,  rumusan  tujuan  pembelajaran
           yang  jelas  akan  meningkatkan  keyakinan  mahasiswa  karena
           mereka  dapat  menilai  sendiri  pencapaian  tujuan  berdasarkan
           tujuan  tersebut.  Rumusan  tujuan  juga  harus  berada  dalam
           jangkauan  mahasiswa.  Apabila  kemampuan  yang  diharapkan
           dicapai  terlalu  rendah  bagi  mereka,  meskipun  mereka  tidak
           berusaha,  mereka  akan  dapat  menguasai  kemampuan  tersebut
           dengan  mudah.  Hal  ini  akan  menimbulkan  kebosanan  pada  diri
           mahasiswa.  Sebaliknya,  jika  tujuan  yang  diharapkan  terlalu  tinggi,
           meskipun  mahasiswa  bekerja  keras  untuk  mencapainya,  mereka
           akan  tetap  gaga!  dan  akibat  dari  kegagalan  ini  mereka  dapat
           mengalami frustrasi.

           Materi Pelajaran
           Berdasarkan   rumusan   tujuan,   pengembang   pembelajaran
           mengidentifikasi  materi  pelajaran  yang  akan  dibahas  dalam
           kegiatan  pembelajaran.  Seperti  dalam  perumusan  tujuan,  tujuan
           mahasiswa  mengikuti  suatu  pelajaran  juga  perlu  dipertimbangkan
           dalam  mengidentifikasi  materi  pelajaran.   Mahasiswa  mengikuti
           suatu  program  karena  mereka  mengharapkan  dapat  memenuhi
           kebutuhan  dan  mencapai tujuan  yang  mereka  miliki.  Oleh  karena
           itu,  materi  yang  akan  dibahas  sebaiknya  berhubungan  dengan
           kebutuhan dan  minat mahasiswa.  Dengan membahas materi yang
           sesuai  dengan  kebutuhan  dan  minat  mahasiswa,  pengembang
           pembe!ajaran  dapat  mengarahkan  mahasiswa  pada  pengalaman-
           pengalaman  belajar yang  mendorong keingintahuan  dan  keinginan
           untuk memahami.
           Dalam   mengorganisasikan   materi   pelajaran,   pengembang
           pembelajaran  harus  memperhatikan  kemampuan  mahasiswa.



           190
   195   196   197   198   199   200   201   202   203   204   205