Page 200 - Cakrawala Pendidikan
P. 200
Siti Julaeha
Di samping faktor kesesuaian, rumusan tujuan pembelajaran harus
merupakan pernyataan yang jelas. Pernyataan 1n1 harus
menggambarkan tingkah laku yang diharapkan dikuasai oleh
mahasiswa sebagai bukti keberhasilan belajar. Tingkah laku yang
tercantum dalam rumusan tujuan pembelajaran harus merupakan
tingkah laku yang dapat diamati. lni penting karena, bila
mahasiswa memahami dengan jelas kemampuan apa yang
diharapkan untuk dikuasai, kebingungan akibat ketidakjelasan
tujuan tidak akan terjadi. Selain itu, rumusan tujuan pembelajaran
yang jelas akan meningkatkan keyakinan mahasiswa karena
mereka dapat menilai sendiri pencapaian tujuan berdasarkan
tujuan tersebut. Rumusan tujuan juga harus berada dalam
jangkauan mahasiswa. Apabila kemampuan yang diharapkan
dicapai terlalu rendah bagi mereka, meskipun mereka tidak
berusaha, mereka akan dapat menguasai kemampuan tersebut
dengan mudah. Hal ini akan menimbulkan kebosanan pada diri
mahasiswa. Sebaliknya, jika tujuan yang diharapkan terlalu tinggi,
meskipun mahasiswa bekerja keras untuk mencapainya, mereka
akan tetap gaga! dan akibat dari kegagalan ini mereka dapat
mengalami frustrasi.
Materi Pelajaran
Berdasarkan rumusan tujuan, pengembang pembelajaran
mengidentifikasi materi pelajaran yang akan dibahas dalam
kegiatan pembelajaran. Seperti dalam perumusan tujuan, tujuan
mahasiswa mengikuti suatu pelajaran juga perlu dipertimbangkan
dalam mengidentifikasi materi pelajaran. Mahasiswa mengikuti
suatu program karena mereka mengharapkan dapat memenuhi
kebutuhan dan mencapai tujuan yang mereka miliki. Oleh karena
itu, materi yang akan dibahas sebaiknya berhubungan dengan
kebutuhan dan minat mahasiswa. Dengan membahas materi yang
sesuai dengan kebutuhan dan minat mahasiswa, pengembang
pembe!ajaran dapat mengarahkan mahasiswa pada pengalaman-
pengalaman belajar yang mendorong keingintahuan dan keinginan
untuk memahami.
Dalam mengorganisasikan materi pelajaran, pengembang
pembelajaran harus memperhatikan kemampuan mahasiswa.
190