Page 204 - Cakrawala Pendidikan
P. 204
Siti Julaeha
itu, materi latihan harus konsisten dengan tujuan belajar, materi
pelajaran, dan dengan contoh-contoh. Di samping itu, latihan juga
harus bermanfaat bagi pencapaian tujuan belajar. Mahasiswa tidak
akan mengerjakan tugas-tugas yang tidak mengarah pada tujuan
meskipun mereka mengetahui bahwa mereka dapat mengerjakan
tugas-tugas tersebut dengan berhasil. Latihan juga harus
berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan yang
diperlukan untuk masa mendatang. Juga penting untuk
memberikan tugas-tugas yang menuntut mahasiswa menerapkan
pengetahuan dan keterampilan baru untuk memecahkan suatu
permasalahan. Tugas-tugas yang sepert1 itu akan mendorong
mahasiswa menyelesaikan tugas-tugasnya karena mereka melihat
kesesuaian antara kebutuhan mereka dengan tugas-tugas yang
diberikan. Latihan yang konsisten dengan tujuan dan materi
pelajaran akan mendorong keyakinan mahasiswa bahwa mereka
akan berhasil dalam melaksanakan tugas-tugas apabila mereka
mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.
Di samping itu, tugas-tugas yang diberikan harus memungkinkan
mahasiswa berhasil tanpa harus membuat tugas-tugas tersebut
terlalu mudah untuk beberapa mahasiswa. Segala sesuatu yang
terlalu mudah adalah murah; dan sesuatu yang murah dapat
diperoleh oleh semua orang. Mahasiswa tidak tertarik terhadap
tugas-tugas yang terlalu mudah. Sebaliknya, segala sesuatu y.ang
terlalu sulit memiliki resiko yang tinggi untuk gaga!; segala sesuatu
yang menyebabkan kegagalan akan dihindari oleh semua orang.
Khusus untuk kegiatan tutorial, dalam menerapkan strategi
pembelajaran, tutor perlu mempertimbangkan tujuan mahasiswa
datang ke tempat tutorial. Bagi mahasiswa yang datang ke tempat
tutorial untuk memecahkan masalah yang dimilikinya atau untuk
meningkatkan kemampuan mereka, strategi yang cocok adalah
strategi pemecahan masalah atau strategi yang berorientasi pada
masalah atau tugas. Kegiatan tutorial harus didasarkan atas
masalah yang dimiliki mahasiswa atau didasarkan atas tugas-tugas
yang merupakan tanggung jawab mereka. Tutor dapat
mengembangkan tutorial yang melibatkan semua mahasiswa
dalam memecahkan masalah, seperti menggunakan diskusi
kelompok. Dalam diskusi kelompok ini, pengalaman mahasiswa
194