Page 204 - Cakrawala Pendidikan
P. 204

Siti Julaeha

        itu,  materi  latihan  harus  konsisten  dengan  tujuan  belajar,  materi
        pelajaran,  dan  dengan  contoh-contoh.  Di  samping  itu,  latihan  juga
        harus bermanfaat bagi pencapaian tujuan  belajar.  Mahasiswa tidak
        akan  mengerjakan  tugas-tugas  yang  tidak  mengarah  pada  tujuan
        meskipun  mereka  mengetahui  bahwa  mereka  dapat  mengerjakan
        tugas-tugas  tersebut  dengan  berhasil.  Latihan  juga  harus
        berhubungan  dengan  pengetahuan  dan  keterampilan  yang
        diperlukan   untuk  masa   mendatang.   Juga   penting   untuk
        memberikan  tugas-tugas  yang  menuntut  mahasiswa  menerapkan
        pengetahuan  dan  keterampilan  baru  untuk  memecahkan  suatu
         permasalahan.  Tugas-tugas  yang  sepert1  itu  akan  mendorong
        mahasiswa menyelesaikan tugas-tugasnya  karena  mereka  melihat
         kesesuaian  antara  kebutuhan  mereka  dengan  tugas-tugas  yang
        diberikan.  Latihan  yang  konsisten  dengan  tujuan  dan  materi
         pelajaran  akan  mendorong  keyakinan  mahasiswa  bahwa  mereka
        akan  berhasil  dalam  melaksanakan  tugas-tugas  apabila  mereka
         mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.

         Di  samping  itu,  tugas-tugas  yang  diberikan  harus  memungkinkan
         mahasiswa  berhasil  tanpa  harus  membuat  tugas-tugas  tersebut
        terlalu  mudah  untuk  beberapa  mahasiswa.  Segala  sesuatu  yang
         terlalu  mudah  adalah  murah;  dan  sesuatu  yang  murah  dapat
        diperoleh  oleh  semua  orang.  Mahasiswa  tidak  tertarik  terhadap
         tugas-tugas yang terlalu  mudah.  Sebaliknya,  segala  sesuatu y.ang
         terlalu  sulit memiliki resiko yang  tinggi  untuk gaga!;  segala  sesuatu
         yang menyebabkan kegagalan akan dihindari oleh  semua orang.
         Khusus  untuk  kegiatan  tutorial,  dalam  menerapkan  strategi
         pembelajaran,  tutor  perlu  mempertimbangkan  tujuan  mahasiswa
         datang  ke  tempat tutorial.  Bagi  mahasiswa yang  datang  ke  tempat
         tutorial  untuk  memecahkan  masalah  yang  dimilikinya  atau  untuk
         meningkatkan  kemampuan  mereka,  strategi  yang  cocok  adalah
         strategi  pemecahan  masalah  atau  strategi  yang  berorientasi  pada
         masalah  atau  tugas.  Kegiatan  tutorial  harus  didasarkan  atas
         masalah yang dimiliki mahasiswa atau didasarkan atas tugas-tugas
         yang   merupakan   tanggung   jawab   mereka.   Tutor   dapat
         mengembangkan  tutorial  yang  melibatkan  semua  mahasiswa
         dalam  memecahkan  masalah,  seperti  menggunakan  diskusi
         kelompok.  Dalam  diskusi  kelompok  ini,  pengalaman  mahasiswa



         194
   199   200   201   202   203   204   205   206   207   208   209