Page 206 - Cakrawala Pendidikan
P. 206
Siti Julaeha
atau belum, pengembang pembelajaran hendaknya
mengembangkan kegiatan evaluasi. Dengan mengadakan
evaluasi, penguasaan mahasiswa terhadap materi yang dipelajari
dapat diketahui.
Menurut Wlodkowski (1985), jenis evaluasi yang cocok untuk
mendorong motivasi belajar mahasiswa adalah evaluasi formatif.
Eva!uas1 formatif 1alah evaluas1 yang d1gunakan untuk tujuan
diagnostil<. Dengan menggunakan evaluas1 formatif, kemaJuan
m3hasiswa dapat d:ukur dan kesu!1tan belaJar yang dihadapl
mahasiswa dapat diidentiflkasi. Bagi mahas1svva yang telah
menguasai suatu unit, evaluasi formatif akan memberikan balikan
yang pos!tif dan rne;>dorong mereka meningkatkan belajarnya. Bagi
mereka yang belum menguasai suatu unit, evaluasi formatif dapat
menunjukkan topik-topik, keterampilan dan proses tertentu yang
menuntut mereka untuk bekerja lebih keras. Dari hasd eva1uasi
formatif, mahasiswa memperoleh informasi tentang tingkat
pemah2man mereka, yang dapat merupakan penguatan terhadap
kegiatan belajar yang telah dilakukannya.
Sebelum melaksanakan eva!uasi perlu kiranya disampaikan
dengan jelas standar penguasaan atau kriteria keberhasilan.
Apabila mahasiswa mengetahui kriteria keberhasilan, mereka
dapat mengantisipasi hasil dan kegiatan belajar yang telah
dilakukannya. Selain itu, mereka dapat menilai diri sendiri sehingga
dapat mengatur diri dalam kegiatan belajar untuk mencapai
keberhasilan yang diharapkan.
Materi dan jenis masalah yang diajukan dalam evaluasi hendaknya
dikembangkan berdasarkan pengetahuan, keterampilan, dan
latihan-latihan yang telah dipelajari. Evaluasi semacam ini dapat
membantu mahasiswa merasa lebih yakin akan keberhasilannya
dalam belajar karena hasil evaluasi menggambarkan kemajuan
belajar. Mereka akan merasa lebih kompeten apabila yang dinila1
berhubungan dengan tujuan yang ingin mereka capa1.
Seperti halnya latihan, alat evaluasi yang digunakan dalam
evaluasi formatif sebaiknya memberikan kesempatan kepada
mahasiswa untuk berhasil. Masalah yang diajukan dalam evaluasi
harus berada dalam jangkauan semua mahasiswa, tetapi tidak
196