Page 210 - Cakrawala Pendidikan
P. 210
12. PENDIDIKAN TERBUKA: MENUNGGU
REFORMASI POLA PIKIR MENDASARf*l
Tian Belawati
Dalam tiga tahun terakhir di akhir milenium kedua ini, kata yang
paling populer dan paling banyak digunakan masyarakat Indonesia
adalah "reformasi". Reformasi di bidang politik, ekonomi, sosial,
dan tidak terkecuali di bidang pendidikan, menjadi topik yang paling
hangat didiskusikan. orang berbicara tentang reformasi,
tidak terkecuali para tokoh, pengamat, dan juga praktisi pendidikan.
Banyak tulisan maupun pernyataan lisan telah disampaikan
mengenai bentuk atau format reformasi pendidikan yang
diperlukan. Sebagian besar menyoroti jenjang pendidikan dasar
yang dianggap sebagai fondasi bagi jenjang~jenjang pendidikan
tingkat selanJutnya. Demikian pula, kerangka berpikir yang
mendasari format reformasi yang dilontarkan pada umumnya
berkenaan dengan pendidikan tatap muka. Substansi reformasi
yang diinginkan, baik oleh para praktisi, pengamat, maupun tokoh
pendidikan, pada umumnya juga ditekankan pada perbaikan
praktik penyelenggaraan pendidikan yang bersifat pragmatis,
seperti menghapuskan sistem EBTANAS, mengurangi beban
belajar, meningkatkan kandungan muatan lokal pada kurikulum,
meningkatkan tingkat partisipasi murid di dalam kelas, dan
sebagainya.
Aspek perbaikan tersebut tentu sangat baik dan perlu dilakukan.
Akan tetapi, hal~hal tersebut belum menyentuh persoalan pokok
yang paling mendasar yang seharusnya mengalami reformasi
(•l Dikembangknn dari maknlah Seminnr Wisuda PGSD Universitas
Terbuka, Maret 1999.
200