Page 210 - Cakrawala Pendidikan
P. 210

12.  PENDIDIKAN TERBUKA:  MENUNGGU
              REFORMASI POLA PIKIR MENDASARf*l




         Tian Belawati



         Dalam  tiga  tahun  terakhir  di  akhir  milenium  kedua  ini,  kata  yang
         paling  populer dan  paling  banyak digunakan masyarakat Indonesia
         adalah  "reformasi".  Reformasi  di  bidang  politik,  ekonomi,  sosial,
         dan tidak terkecuali di bidang pendidikan,  menjadi topik yang  paling
         hangat  didiskusikan.      orang  berbicara  tentang  reformasi,
         tidak terkecuali para tokoh,  pengamat, dan juga praktisi pendidikan.
         Banyak  tulisan  maupun  pernyataan  lisan  telah  disampaikan
         mengenai  bentuk  atau  format  reformasi  pendidikan  yang
         diperlukan.  Sebagian  besar  menyoroti  jenjang  pendidikan  dasar
         yang  dianggap  sebagai  fondasi  bagi  jenjang~jenjang  pendidikan
         tingkat  selanJutnya.   Demikian  pula,  kerangka  berpikir  yang
         mendasari  format  reformasi  yang  dilontarkan  pada  umumnya
         berkenaan  dengan  pendidikan  tatap  muka.  Substansi  reformasi
         yang  diinginkan,  baik  oleh  para  praktisi,  pengamat,  maupun  tokoh
         pendidikan,  pada  umumnya  juga  ditekankan  pada  perbaikan
         praktik  penyelenggaraan  pendidikan  yang  bersifat  pragmatis,
         seperti  menghapuskan  sistem  EBTANAS,  mengurangi  beban
         belajar,  meningkatkan  kandungan  muatan  lokal  pada  kurikulum,
         meningkatkan  tingkat  partisipasi  murid  di  dalam  kelas,  dan
         sebagainya.

         Aspek  perbaikan  tersebut  tentu  sangat  baik  dan  perlu  dilakukan.
         Akan  tetapi,  hal~hal  tersebut  belum  menyentuh  persoalan  pokok
         yang  paling  mendasar  yang  seharusnya  mengalami  reformasi

         (•l Dikembangknn dari maknlah Seminnr Wisuda PGSD Universitas
         Terbuka, Maret  1999.


         200
   205   206   207   208   209   210   211   212   213   214   215