Page 208 - Cakrawala Pendidikan
P. 208

Siti Julaeha


        Kesimpulan
        Motivasi merupakan karakteristik internal  individu,  yang tidak dapat
        diajarkan  secara  langsung  sebagai  suatu  konsep  atau  suatu
        keterampilan.  Namun  demikian,  pengembang  pembelajaran  dapat
        membangkitkan     motivasi   mahasiswa   melalui   penciptaan
        lingkungan  belajar  yang  menarik,  bermanfaat,  dan  cukup
         menantang  bagi  mahasiswa.  Proses  pembelajaran  semacam  in1
        akan  memungkinkan  mahas1swa  mencapa1  tuJuan  secara  optimal
        dan  memberikan  pengalaman  yang  berharga  bagi  mahasiswa.
        Untuk  mengembangkan  pembelajaran  yang  menarik,  bermanfaat,
        dan  cukup  menantang,  pengembang  pembelajaran  hendaknya
        memperhatikan  faktor-faktor yang  mempengaruhi  motivasi  belajar.
         Namun  demikian,  tidak  ada  resep  umum  dalam  mengembangkan
         pembelajaran  yang  dapat  membangkitkan  dan  memelihara
         motivasi  mahasiswa,  karena  terlalu  banyak  keragaman  dalam
         karakteristik mahasiswa.

        Daftar Pustaka
         Brophy,  J.  (1987).  Synthesis  of  Research  on  Strategies  for
             Motivating  Students to  Learn.  Educational Leadership,  45 (2),
             40-48.
         Hirumi,  A  &  Bower,  D.R.  (1991 ).   Enhancing  Motivation  and
             Acquisition  of Coordinate  Concepts  by  Using  Concepts  Tree.
             The  Journal of Educational Research,  84,  273-279.
         Keller,  J.M.  (1984).  The  Use  of the  ARCS  Model  of Motivation  in
             Teacher  Training.   Dalam  Ken  Shaw  &  AJ.  Trott  (Eds.),
             Aspects  of  Educational  Technology,  volume  XVII:  Staff
             Development and Career Updating.  New York:  Kogan Page.
         Keller,  J.M.  (1987a).  Development and  Use of The ARCS Model of
             Instructional  Design.  Journal  of  Instructional  Development,
             10,  2-10.
         Keller,  J.M.  (1987b).   The  Systematic  Process  of  Motivational
             Design.  Performance & Instruction,  26 (9),  1-8.






         198
   203   204   205   206   207   208   209   210   211   212   213