Page 208 - Cakrawala Pendidikan
P. 208
Siti Julaeha
Kesimpulan
Motivasi merupakan karakteristik internal individu, yang tidak dapat
diajarkan secara langsung sebagai suatu konsep atau suatu
keterampilan. Namun demikian, pengembang pembelajaran dapat
membangkitkan motivasi mahasiswa melalui penciptaan
lingkungan belajar yang menarik, bermanfaat, dan cukup
menantang bagi mahasiswa. Proses pembelajaran semacam in1
akan memungkinkan mahas1swa mencapa1 tuJuan secara optimal
dan memberikan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa.
Untuk mengembangkan pembelajaran yang menarik, bermanfaat,
dan cukup menantang, pengembang pembelajaran hendaknya
memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar.
Namun demikian, tidak ada resep umum dalam mengembangkan
pembelajaran yang dapat membangkitkan dan memelihara
motivasi mahasiswa, karena terlalu banyak keragaman dalam
karakteristik mahasiswa.
Daftar Pustaka
Brophy, J. (1987). Synthesis of Research on Strategies for
Motivating Students to Learn. Educational Leadership, 45 (2),
40-48.
Hirumi, A & Bower, D.R. (1991 ). Enhancing Motivation and
Acquisition of Coordinate Concepts by Using Concepts Tree.
The Journal of Educational Research, 84, 273-279.
Keller, J.M. (1984). The Use of the ARCS Model of Motivation in
Teacher Training. Dalam Ken Shaw & AJ. Trott (Eds.),
Aspects of Educational Technology, volume XVII: Staff
Development and Career Updating. New York: Kogan Page.
Keller, J.M. (1987a). Development and Use of The ARCS Model of
Instructional Design. Journal of Instructional Development,
10, 2-10.
Keller, J.M. (1987b). The Systematic Process of Motivational
Design. Performance & Instruction, 26 (9), 1-8.
198