Page 212 - Cakrawala Pendidikan
P. 212

Tian Belawati
                                                    ------- ----

         masyarakatnya,  bagaimana  kita  membuat  masyarakat  menjadi
        "ingin" belajar?

         Reformasi Pola Pikir:  Suatu Langkah Awal
         Kita  semua  sudah  sangat  terkondisi   pola     tradisionai
         tentang  pendidikan  dan  persekoiahan  Da1 i  kecil.  kita  di"ku!iah1",
         diberi  contoh-contoh.  dan  di  "cJta-ctta'kan  untuk  meng1kUi1  suatu
         pol::l  "kehidupar."  yang  serupa,  ya:tu  sekolah  sampa1  1enjang
         tert:ngg1  yang  mur.gktn  dicapa1,  kemudtan  bekerp_  Pola  p1k1r
        "sekolah-bekerJa'  1n1  sudah  demtkian  melekat  pada  kita  semua,
        sehingga seoiah-olah ada pembag;an wa~::u dalam kurun  usia  fda.
         bahwa  antara  7  t:=Jhun  sampai      kira-kira,  ~ 8-24  t::Jhun
         ada!a!1  masa  ketika  k1ta  harus  menuntut  ;imu  Omng  tua  secara
         sadar                                             :.tkan  l~ita
         aka:-i  ·'ritrll2:\  yang  h2rus  kita   i~LL  Den·;1kian  puia  slstt~n1
                    forrna:  k1tc..  n<enunjang  dan  mendu     pik1r
         seko!ah-bekerJa  ttL;  Sekolah  DascH    Sekolah  Menengah
         Tingkat Atas, kemudiar1  Perguruan Tingg: dirancang dengan s1stern
         tertutup  yang  kurang  rnemberikan  fleksibilitas  terhadap
         ternpat tinggal,  dan  ketersediaan waktu  serta  biaya  bagi  kelompok
         masyarakat  yang  kurang  beruntung  (disadvantaged  groups).
         Sebagai akibatnya,  kita semua dikondisikan untuk mernpunyai pola
         pikir yang  tertutup  tentang  pendidikan.  Pola  pikir inilah  yang  harus
         kita ubah dulu.
         Dengan  terjadinya  perubahan-perubahan  dalam  bidang  sosial,
        ekonorni,  politik,  dan  juga  teknologi,  kelompok  masyarakat  kurang
         beruntung  (disadvantaged  group)  sernakin  besar  jumlahnya.
         Demikian  pula,  tuntutan  keterarnpilan  yang  diperlukan  oleh  dunia
         kerja  menJadi  sangat  dinarnis  dan  berubah  dengan  cepat  Oleh
         karena itu,  muncul fenomena-fenomena "baru" yang 15 tahun  yang
         lalu  belum  begitu  menonjol  dan  belum  menarik  perhatian.
         Fenomena-fenomena tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
         •   Semakin  banyak  orang  yang  tidak  rnampu  untuk  meneruskan
            pendidikannya  ke  jenjang  pendidikan  yang  lebih  tinggi  pada
            "usia sekolah";





         202
   207   208   209   210   211   212   213   214   215   216   217