Page 207 - Cakrawala Pendidikan
P. 207

Menumbuhkan dan Memelihara ...


          terlalu   mudah   untuk  dijawab.   Tingkat  kesulitan   soal-soal
          didasarkan  pada  distribusi  normal.  lni  tidak  berarti  bahwa  semua
          soal  harus  mempunyai  tingkat  kesulitan  sedang.  Soal-soal  tes
          yang  tingkat  kesulitannya  tinggi  mungkin  dapat  dijawab  dengan
          benar  oleh  mahasiswa  yang  berkemampuan  tinggi.  Sedangkan
          mahasiswa  yang  berkemampuan  rendah  akan  dapat  menjawab
          soal-soal tersebut apabila mereka berusaha.
          Khusus  untuk  pengembang  bahan  ajar,  karena  mahasiswa
          mengerJakan  tes  dan  memeriksanya  sendin,  perlu  kiranya
          disediakan  kunci  jawaban  dan  penjelasannya  serta  kriteria
          keberhasilan.   Penjelasan   kunci   jawaban   1n1   hendaknya
          membenkan  1nformas1  yang  menguatkan Jawaban  yang  benar  dan
          informsi  yang  mengoreksi jawaban  yang  salah.  lnformast  in1  akan
          membantu  mahastswa  memahami  mengapa  Jawabannya  benar
          atau  salah.  Dengan  mengetahui  bahwa  pekerjaannya  benar,
          mahasiswa  akan  merasa  dihargai  usahanya  dan  balikan  terhadap
          kesalahan  akan  menambah  motivasi  mereka  untuk  mempelajari
          kembali.
          Karena  adanya   perbedaan  individual  dalam  menguasai  materi
          yang  diajarkan,  perlu  kiranya  diberikan  komentar  terhadap
          pekerjaan  mahasiswa  untuk  menunjukkan  bahwa  usaha  yang
          dilakukan  berpengaruh  terhadap  hasil  kerja.  Setiap  mahasiswa
          mengharapkan  pengakuan  positif  terhadap  hasil  kerja  mereka.
          Mereka  akan  memandang  dirinya  mampu  dalam  bidang  tertentu
          apabila  mereka  mendapatkan  pengakuan  akan  keberhasilannya.
          Oleh  karena  itu,  perlu  adanya  penghargaan  terhadap  mahasiswa
          yang  berhasil  dalam  melaksanakan  tugas  belajarnya.  Memperoleh
          pengakuan  umum  merupakan  penentraman  diri  dan  penguatan
          yang membantu mahasiswa memandang bahwa dirinya mampu.
          Di  samping  pengakuan  umum,  balikan  juga  merupakan  cara  yang
          ampuh  yang  dapat  dilakukan  untuk  mempengaruhi  kompetensi
          mahasiswa   karena   balikan   dapat   mengurangi   perasaaan
          ketidakberdayaan  dan  meningkatkan  kemungkinan  untuk  terus
          berusaha.  Oleh  karena  itu,  hasil  evaluasi  penting  diberitahukan
          secepatnya  dengan  balikan  yang  informatif  dan  mendorong.
          Balikan  yang  diberikan  segera  mengarah  kepada  perasaan  yang
          lebih kuat tentang kontrol dan tanggung jawab pribadi.



                                                                   197
   202   203   204   205   206   207   208   209   210   211   212