Page 205 - Cakrawala Pendidikan
P. 205

Menumbuhkan dan Memelihara ...

          menjadi sumber yang  penting bagi proses diskusi.  Para mahasiswa
          dapat  berbagi  pengalaman  dan  belajar  dari  pengalamanan
          mahasiswa lainnya.  Menggunakan pengalaman mahasiswa dalam
          proses  tutonal  tidak  hanya  berguna  dalam  memecahkan  suatu
          masalah, tetapi juga mentngkatkan kepuasan mereka.  Memberikan
          kesempatan  kepada  mahasiswa  yang  telah  menguasai  materi
          pelajaran   untuk   membantu   memecahkan   masalah-masalah
          mahasiswa  lainnya  memungkinkan  mereka  untuk  merasa  dirinya
          penting  dan  menyadarkan  bahwa  mereka  memiliki  sesuatu  yang
          bermanfaat untuk dibagikan pada yang  lain.
          Mahasiswa  yang  datang  ke  tempat  tutorial  dengan  tujuan
          sosialisasi  akan  terpenuhi  kebutuhannya  apabila  proses  tutorial
          menyediakan  kesempatan  kepada  mereka  untuk  bertemu  dengan
          teman  baru,  dan  berteman  untuk  berbagi  ide  atau  pengalaman.
          Tutor  sebaiknya  menggunakan  teknik  "multi-communication"  yang
          dapat  membenkan  kesempatan  kepada  semua  mahasiswa  untuk
          mengenal  satu  sama  latn.  Akan  lebth  baik  apabila  kegiatan  tutonal
          dtsela  waktu  tst1rahat.  VVaktu  tsttrahat  ini  tidak  hanya  berguna
          sebagai  waktu  untuk  memuliilkan  perhatian  mahasiswa  yang
          mungkin telah menurun, tetapi juga sebagai waktu bagi  mahasiswa
          untuk mengenai  satu  sama  lain,  dan  untuk  berdiskusi  tentang  ide-
          ide  dan  pengalaman  mereka.  Dengan  adanya  kesempatan
          berkomunikasi dengan yang  lain,  mahasiswa akan terdorong  untuk
          terus mengikuti tutorial karena kebutuhan sosial mereka terpenuhi.
          Sebelum  mengakhiri  pembelajaran,  konsep-konsep  dasar  atau
          keterampilan  yang  diperoleh  selama  tutorial  penting  untuk  direviu
          dan  untuk  dievaluasi  sebagai  balikan  terhadap  proses  belajar.
          Kegiatan  semacam  ini  tidak  hanya  membantu  mahasiswa
          menyadari  bahwa  mereka  telah  memahami  materi  pelajaran  yang
          telah  dibahas  tetapi  juga  memusatkan  perhatian  mereka  dan
          memberikan  rasa  kepuasan  yang  berasal  dari  kesadaran  bahwa
          tugas-tugas belajar telah diselesaikan.

          Evaluasi

          Evaluasi  adalah  suatu  proses  pengambilan  keputusan  tentang
          penguasaan  terhadap  tujuan  belajar.  Untuk  menentukan  apakah
          mahasiswa  telah  mencapai  tujuan  belajar  yang  telah  ditetapkan


                                                                   195
   200   201   202   203   204   205   206   207   208   209   210