Page 205 - Cakrawala Pendidikan
P. 205
Menumbuhkan dan Memelihara ...
menjadi sumber yang penting bagi proses diskusi. Para mahasiswa
dapat berbagi pengalaman dan belajar dari pengalamanan
mahasiswa lainnya. Menggunakan pengalaman mahasiswa dalam
proses tutonal tidak hanya berguna dalam memecahkan suatu
masalah, tetapi juga mentngkatkan kepuasan mereka. Memberikan
kesempatan kepada mahasiswa yang telah menguasai materi
pelajaran untuk membantu memecahkan masalah-masalah
mahasiswa lainnya memungkinkan mereka untuk merasa dirinya
penting dan menyadarkan bahwa mereka memiliki sesuatu yang
bermanfaat untuk dibagikan pada yang lain.
Mahasiswa yang datang ke tempat tutorial dengan tujuan
sosialisasi akan terpenuhi kebutuhannya apabila proses tutorial
menyediakan kesempatan kepada mereka untuk bertemu dengan
teman baru, dan berteman untuk berbagi ide atau pengalaman.
Tutor sebaiknya menggunakan teknik "multi-communication" yang
dapat membenkan kesempatan kepada semua mahasiswa untuk
mengenal satu sama latn. Akan lebth baik apabila kegiatan tutonal
dtsela waktu tst1rahat. VVaktu tsttrahat ini tidak hanya berguna
sebagai waktu untuk memuliilkan perhatian mahasiswa yang
mungkin telah menurun, tetapi juga sebagai waktu bagi mahasiswa
untuk mengenai satu sama lain, dan untuk berdiskusi tentang ide-
ide dan pengalaman mereka. Dengan adanya kesempatan
berkomunikasi dengan yang lain, mahasiswa akan terdorong untuk
terus mengikuti tutorial karena kebutuhan sosial mereka terpenuhi.
Sebelum mengakhiri pembelajaran, konsep-konsep dasar atau
keterampilan yang diperoleh selama tutorial penting untuk direviu
dan untuk dievaluasi sebagai balikan terhadap proses belajar.
Kegiatan semacam ini tidak hanya membantu mahasiswa
menyadari bahwa mereka telah memahami materi pelajaran yang
telah dibahas tetapi juga memusatkan perhatian mereka dan
memberikan rasa kepuasan yang berasal dari kesadaran bahwa
tugas-tugas belajar telah diselesaikan.
Evaluasi
Evaluasi adalah suatu proses pengambilan keputusan tentang
penguasaan terhadap tujuan belajar. Untuk menentukan apakah
mahasiswa telah mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan
195