Page 201 - Cakrawala Pendidikan
P. 201

Menumbuhkan dan Memelihara ...


       Menurut  Perlmutter  dan  Hall  (1992),  motivasi  mahasiswa
       bersumber dari  kepercayaan terhadap kemampuan,  kekuatan,  dan
       kelemahan  yang  mereka  milik1.  Kepercayaan  mengenai  hal-hal
       tersebut  seringkali  direfleksikan  dalam  tingkat  aspirasi  yang
       mereka pakai  dalam mengarahkan  tingkah  laku.  Mahasiswa yang
       telah  lama  meninggalkan  bangku  sekolah  mungkin  merasa  takut
       dan  merasa sudah tidak mampu lagi untuk belajar. Oleh karena itu,
       dalam  mengorganisasikan  materi  pelajaran  perlu  diperhatikan
       tingkat kesulitan materi pelajaran.  Berkenaan dengan hal tersebut,
       perlu  diorganisasikan  materi  pelajaran  yang  memungkinkan  untuk
       memberikan  kesempatan  kepada  mahasiswa  yang  terrnasuk
       kategori  in1  mengalami  keberhasilan  dalam  belajar  sehingga
       mereka merasa yakin bailwa mereka masih mampu belaJar.

       Proses Pembelajaran
       Proses pembelaJaran mengacu  pada pembahasan maten pelajaran
       dengan menerapkan berbagai n:etode dan  med1a.  Banyak strategi
       yang  dapat  diterapkan  da!am  proses  pembelajaran  yang  dapat
       menumbuhkan dan  meningkatkan rnotivasi belajar mahasiswa
       Sebelum  membahas  materi  pelajaran.  karena  tidak  semua
       mahasiswa  terbiasa  belajar  dengan  modul,  pengernbang  bahan
       ajar harus  menyediakan  informasi tentang  langkah-langkah  belapr
       yang  sebaiknya  dilakukan  oleh  mahasiswa  agar  mereka  berhasi!
       dalam belaJar dengan modul.  Dengan mempelaJan  prosedur belaJar
       yang  tepat,  mahasiswa akan  melihat bahwa  usaha  yang  dilakukan
       berpengaruh  terhadap  keberhasilan  belaJar.  Setelah  membaca
       petunjuk  belajar,  mahasiswa  akan  merasa yakin  tentang  apa  yang
       seharusnya  mereka  lakukan  selama  mereka  mempelajari  suatu
       mata  kuliah.  Hal  ini  juga  berlaku  bagi  pembelajaran  yang  akan
       dilaksanakan  dalam  tutoriai.Dalam  melaksanakan  tutorial,  tutor
       perlu   mempertimbangkan    mahasiswa    yang   telah   lama
       meninggalkan  bangku  sekolah.  Mereka  mungkin  takut  bahwa
       mereka  sudah  tidak  lagi  memiliki  kemampuan  untuk  belajar.
       Mereka  cenderung  tegang  dan  khawatir.  Tantangan  bagi  tutor
       dalam  rnemelihara  motivasi  belajar  mereka  adalah  dengan
       mendorong  perkembangan  rasa  percaya  diri.Tutor  sebaiknya
       membantu  mereka  membentuk  pandangan  bahwa  tingkat




                                                                191
   196   197   198   199   200   201   202   203   204   205   206