Page 214 - Cakrawala Pendidikan
P. 214

Tian Belawati


         Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh: Suatu
         Upaya Awal
         Sistem  pendidikan  terbuka  atau  open  learning  adalah  suatu
         keadaan  dimana  setiap  individu  dapat  belajar  tanpa  dibatasi
         apapun (Bates,  1995).  Keadaan ini merupakan sesuatu yang ideal.
         yang  dalam  praktek  tidak  selalu  dapat  dilaksanakan.  Salah  satu
         sistem pendidikan yang sejauh ini dianggap lebih mampu dari pada
         sistem  pendidikan  tatap  muka  (konvensional)  dalam  mencapai
         keadaan  ideal  itu  adalah  sistem  pendidikan  jarak  jauh  (distance
         education).
         Sistem  pendidikan  jarak  jauh  setidaknya  mampu  menghilangkan
         kendala  ruang  dan  waktu  karena  proses  belajar  mengajar  tidak
         dilakukan  secara  tatap  muka  dan  oleh  karenanya  tidak  perlu
         dilakukan  secara  real  time.   Penggunaan  media  dalam
         penyampaian  materi  ajar memungkinkan  proses  belajar (learning
         act)  dilakukan  dalam  tempat  dan  waktu  yang  berbeda  dengan
         proses  mengajar  (teaching  act).  Sistem  pendidikan  jarak  jauh
         dapat  ditingkatkan  keterbukaannya  dengan  merancang  sistem
         pembelajaran secara lebih fleksibel,  seperti :
         •   Open  entry - open  exit:  artinya  setiap  individu  boleh  memulai
             dan  menyelesaikan  proses  pendidikannya  kapan  saja  sesuai
             dengan kondisi masing-masing.
         •   No selection criteria: artinya setiap orang yang  mendaftar akan
             diterima  sepanjang  mempunyai  kualifikasi  dasar minimal  yang
             dapat menunjang  proses pendidikan  yang  diikutinya.  Misalnya,
             tidak ada batas  usia,  tidak ada batas tahun  ijazah terakhir,  dan
             sebagainya.
         •   Open  Registration  System:  artinya  setiap  individu  boleh
             melakukan  registrasi  secara  terbuka,  apakah  untuk  suatu
             program  penuh  (seperti  program  sertifikat,  diploma,  ataupun
             sarjana)  atau  untuk  matakuliah-matakuliah  tertentu  saja.
             Sistem  registrasi  terbuka  ini  juga  harus  memungkinkan
             mahasiswa menabung kredit matakuliahnya sehingga jika mau,
             suatu  waktu  kredit tersebut dapat diakumulasikan  untuk  suatu
             program utuh.





         204
   209   210   211   212   213   214   215   216   217   218   219