Page 218 - Cakrawala Pendidikan
P. 218

Tian Belawati


          memungkinkan  interaksi  dua  arah  pada  suatu  pembelajaran jarak
          jauh.

          Dengan  tersedianya  berbagai  alternatif  materi  dan   cara
          memperoleh  pendidikan,  lambat  laun  diharapkan  masyarakat
          umum  akan  melihat dan  menyadari  bahwa  pola  berpikir "sekolah-
          bekerja"  dalam  pengertian  tradiosional  sudah  bukan  zamannya
          lagi.  Masyarakat  akan  terkondisi,  bahwa  bila  mereka  harus
          berhenti  dahulu  "sekolah"  secara  formal,  bukan  berarti,  bahwa
          sudah  tertutup  kemungkinan  bagi  mereka  untuk  melanjutkan
          pendidikannya dan pengembangan dirinya.  Dengan demikian, pola
          berpikir  tentang  tertutupnya  suatu  proses  belajar  akan  secara
          berangsur-angsur  berubah  menjadi  pola  pikir  pendidikan  yang
          terbuka.
          Kampanye  yang  terpadu  dan  dilakukan  oleh  semua  pihak  yang
          terlibat akan menghasilkan suatu  sinergi yang optimal.  Kesadaran
          akan  pentingnya  dan  fleksibelnya  pendidikan  yang  dibarengi
          dengan tersedianya pilihan-pilihan program dan metode pendidikan
          akan  meningkatkan  jumlah  masyarakat  yang  "belajar".  Secara
          berkelanjutan,  upaya ini akan menciptakan suatu masyarakat yang
          mandiri dalam belajar (learning society).

          Penutup
          Reformasi pendidikan  di tingkat pendidikan tinggi sama pentingnya
          dengan  reformasi  di  tingkat  pendidikan  dasar.   Reformasi
          pendidikan  yang  ditujukan  untuk  peningkatan  dan  pemerataan
          kualitas  "hidup"  masyarakat  harus  dimulai  dengan  reformasi  pola
          pikir  tentang  pendidikan  itu  sendiri.  Pola  pikir  masyarakat  harus
          di"giring"  kepada  suatu  pemahaman  dan  kesadaran  tentang
          keterbukaan  sistem  dan  cara  memperoleh  pendidikan,  serta
          keterbukaan  tentang  waktu  untuk  melakukan  proses  pendidikan
          formal   maupun   proses   belajar   sepanjang   hayat   untuk
          pengembangan dirinya.  Reformasi pola pikir ini perlu ditunjang dan
          ditindaklanjuti  dengan  reformasi  penyediaan  sarana  serta
          prasarana belajar yang  memadai,  sehingga aspirasi dan keinginan
          masyarakat  untuk  selalu  belajar sebagai  hasil  dari  reformasi  pola
          pikirnya  dapat  terakomodasi.  Guru  merupakan  kunci  serta  ujung
          tombak  yang  harus  berperan  aktif  da!am  menyiapkan  generasi



          208
   213   214   215   216   217   218   219   220   221   222   223