Page 222 - Cakrawala Pendidikan
P. 222

Nuraini Soleiman


        peningkatan  kualitas  guru  SD  dan  SLTP.  Dalam  hal  ini.  UT
        menyiapkan program  khusus yang  sifatnya  penyetaraan terhadap
        program  D-1  dan  D-Ill.  Sehingga  UT  juga  mengenal  istilah
        mahasiswa    penyetaraan   dan   mahasiswa   reguler.   lstilah
        mahasiswa  reguler  digunakan  untuk  mahasiswa  yang  mengikuti
        pendidikan  di  UT  melalui  program  diploma  atau  program  sarjana
        dengan  ketentuan   yang   sama  dengan    pada   universitas
        konvensional.
        Keberadaan  mahasiswa  institusional  dan  keragaman  latar
        belakang  pendidikan  sebelumnya,  memperkaya  sistem  UT.  Untuk
        mengantisipasi  hal  itu,  UT  mengadopsi  konsep  'alih  kredit',  yaitu
        pengakuan  terhadap  matakuliah  atau  kelompok  matakuliah  yang
        setara yang berasal dari jurusan atau program studi lain. Alih kredit
        juga  diartikan  sebagai  pemberian  kredit  tertentu  terhadap
        pengalaman  kerja  dari  suatu  profesi  yang  relevan.  Sistem  ini
        memungkinkan seorang  manajer yang  telah  berpengalaman,  untuk
        dapat  menyelesaikan  pendidikannya  dalam  waktu  lebih  singkat,
        karena  teori  yang  diberikan  untuk  pendidikan  tersebut  telah
        dipraktekkan  dalam  pelaksanaan  pekerjaannya.  Sistem  alih  kredit
        ini  juga  mengakomodasi  perpindahan  mahasiswa  dari  suatu
        program studi  ke  program studi lain di  lingkungan UT.  Adanya  alih
        kredit  dalam  sistem   UT   merupakan   konsekuensi   dalam
        menerapkan konsep 'terbuka'.


























        212
   217   218   219   220   221   222   223   224   225   226   227