Page 222 - Cakrawala Pendidikan
P. 222
Nuraini Soleiman
peningkatan kualitas guru SD dan SLTP. Dalam hal ini. UT
menyiapkan program khusus yang sifatnya penyetaraan terhadap
program D-1 dan D-Ill. Sehingga UT juga mengenal istilah
mahasiswa penyetaraan dan mahasiswa reguler. lstilah
mahasiswa reguler digunakan untuk mahasiswa yang mengikuti
pendidikan di UT melalui program diploma atau program sarjana
dengan ketentuan yang sama dengan pada universitas
konvensional.
Keberadaan mahasiswa institusional dan keragaman latar
belakang pendidikan sebelumnya, memperkaya sistem UT. Untuk
mengantisipasi hal itu, UT mengadopsi konsep 'alih kredit', yaitu
pengakuan terhadap matakuliah atau kelompok matakuliah yang
setara yang berasal dari jurusan atau program studi lain. Alih kredit
juga diartikan sebagai pemberian kredit tertentu terhadap
pengalaman kerja dari suatu profesi yang relevan. Sistem ini
memungkinkan seorang manajer yang telah berpengalaman, untuk
dapat menyelesaikan pendidikannya dalam waktu lebih singkat,
karena teori yang diberikan untuk pendidikan tersebut telah
dipraktekkan dalam pelaksanaan pekerjaannya. Sistem alih kredit
ini juga mengakomodasi perpindahan mahasiswa dari suatu
program studi ke program studi lain di lingkungan UT. Adanya alih
kredit dalam sistem UT merupakan konsekuensi dalam
menerapkan konsep 'terbuka'.
212