Page 226 - Cakrawala Pendidikan
P. 226

Nuraini Soleiman

          Kontribusi  stat  pengajar  universitas  konvensional  terkemuka  ini
          merupakan  salah  satu  cara  pemanfaatan  keakhlian  yang  selama
          ini hanya dinikmati oleh sebagian anggota masyarakat.

          Bahan ajar utama UT adalah bahan ajar cetak.  Produksi bahan ajar
          cetak  untuk  mahasiswa  reguler  terlihat  pada  gambar  2.  Dalam
          bidang  kemasan  bahan  ajar,  UT sangat  mempertimbangkan  daya
          bell  masyarakat  secara  umum.  Sehingga,  bahan  ajar  cetak  UT
          dikemas untuk dipasarkan dengan harga minimal.














                        --~~---~--~-~---------------~ ----~-------
                    Gambar 2:  Bahan Ajar Cetak (per Juni 1999)

          Keberadaan  bahan  ajar  terkait  dengan  matakuliah  dari  kurikulum
          pada  suatu  program  studi.  Pada  universitas  konvensional  suatu
          matakuHah  dapat  menggunakan  bahan  ajar  yang  sesuai  dengan
          keinginan dosen yang mengajar yang dapat diperoleh secara cepat
          dari  toko  buku,  atau  dipersiapkan  langsung  oleh  dosennya.
          Sedangkan  UT,  dalam  pengembangan  bahan  ajar  harus
          mempertimbangkan  waktu  pengembangan  yang  cukup  panjang,
          sehingga  bahan  ajar  tersebut  harus  dapat  dimanfaatkan  dalam
          waktu  cukup lama.  Konsekuensinya,  bahan  ajar  UT harus  bersifat  _
          moduler, sehingga perubahan dapat dilaksanakan secara bertahap
          sesuai  dengan  kebutuhan.  Dalam  pengembangan  kurikulum,  UT
          juga harus memperhatikan bagian terpenting dari suatu  matakuliah
          secara  lebih  cermat,  sehingga  dalam  pengembangan  bahan
          ajarnya  dapat  disesuaikan.  Akibatnya,  kurikulum  UT  tidak  terlalu
          mudah untuk diubah.






          216
   221   222   223   224   225   226   227   228   229   230   231