Page 226 - Cakrawala Pendidikan
P. 226
Nuraini Soleiman
Kontribusi stat pengajar universitas konvensional terkemuka ini
merupakan salah satu cara pemanfaatan keakhlian yang selama
ini hanya dinikmati oleh sebagian anggota masyarakat.
Bahan ajar utama UT adalah bahan ajar cetak. Produksi bahan ajar
cetak untuk mahasiswa reguler terlihat pada gambar 2. Dalam
bidang kemasan bahan ajar, UT sangat mempertimbangkan daya
bell masyarakat secara umum. Sehingga, bahan ajar cetak UT
dikemas untuk dipasarkan dengan harga minimal.
--~~---~--~-~---------------~ ----~-------
Gambar 2: Bahan Ajar Cetak (per Juni 1999)
Keberadaan bahan ajar terkait dengan matakuliah dari kurikulum
pada suatu program studi. Pada universitas konvensional suatu
matakuHah dapat menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan
keinginan dosen yang mengajar yang dapat diperoleh secara cepat
dari toko buku, atau dipersiapkan langsung oleh dosennya.
Sedangkan UT, dalam pengembangan bahan ajar harus
mempertimbangkan waktu pengembangan yang cukup panjang,
sehingga bahan ajar tersebut harus dapat dimanfaatkan dalam
waktu cukup lama. Konsekuensinya, bahan ajar UT harus bersifat _
moduler, sehingga perubahan dapat dilaksanakan secara bertahap
sesuai dengan kebutuhan. Dalam pengembangan kurikulum, UT
juga harus memperhatikan bagian terpenting dari suatu matakuliah
secara lebih cermat, sehingga dalam pengembangan bahan
ajarnya dapat disesuaikan. Akibatnya, kurikulum UT tidak terlalu
mudah untuk diubah.
216