Page 220 - Cakrawala Pendidikan
P. 220
13. UNIVERSITAS TERBUKA: PEMERATAAN
KESEMPATAN MEMPEROLEH PENDIDIKAN
TINGGI DI INDONESIA
Nuraini Soleiman
Terbuka dan Jarak Jauh
Terbuka dan Jarak Jauh merupakan dua buah konsep yang
berkaitan, yang diterapkan oleh Universitas Terbuka (UT) dalam
menyelenggarakan fungsinya sebagai lembaga pendidikan tinggi.
Konsep belajar jarak jauh lebih ditujukan pada proses
pembelajaran baik berupa proses belajar mahasiswa maupun
metoda penyampaian yang dilaksanakan oleh lembaga. Sehingga
dalam penjelasannya 'Jarak Jauh' banyak dikaitkan dengan ruang
dan waktu. Ruang atau letak geografis atau tempat belajar
bukanlah menjadi hambatan bagi seseorang untuk mengikuti
pendidikan. Waktu belajar yang biasanya tersusun secara ketal
antara 'guru' dan 'peserta ajar' dibuat sedemikian longgarnya,
sehingga secara umum dalam proses belajarnya, mahasiswalah
penentu waktu belajarnya. Di sisi lain, lembaga pendidikan
melakukan semua persiapan dan pelaksanaan penyelenggaraan
proses pembelajaran, yang kemudian penyampaiannya dilakukan
melalui berbagai media yang mungkin. Beragamnya media
penyampaian yang digunakan mengakibatkan konsep jarak jauh
dikaitkan juga dengan penggunaan teknologi informasi.
Konsep terbuka di lain pihak memiliki ciri tersendiri yang lebih
didominasi oleh sifat pemberian peluang yang lebih besar pada
setiap calon mahasiswa untuk mengikuti pendidikan tinggi. Terbuka
sering diterjemahkan sebagai pengurangan kriteria masuk bagi
calon mahasiswa, dengan dasar pertimbangan kemampuan
mahasiswa adalah seleksi berikutnya yang menentukan tingkat
bertahannya mahasiswa dalam mengikuti pendidikan. Namun
210