Page 220 - Cakrawala Pendidikan
P. 220

13. UNIVERSITAS TERBUKA:  PEMERATAAN
            KESEMPATAN MEMPEROLEH PENDIDIKAN
            TINGGI DI INDONESIA




        Nuraini Soleiman



        Terbuka dan Jarak Jauh
        Terbuka  dan  Jarak  Jauh  merupakan  dua  buah  konsep  yang
        berkaitan,  yang  diterapkan  oleh  Universitas  Terbuka  (UT)  dalam
        menyelenggarakan  fungsinya  sebagai  lembaga  pendidikan  tinggi.
        Konsep  belajar  jarak  jauh  lebih  ditujukan  pada   proses
        pembelajaran  baik  berupa  proses  belajar  mahasiswa  maupun
        metoda  penyampaian  yang  dilaksanakan  oleh  lembaga.  Sehingga
        dalam  penjelasannya  'Jarak Jauh' banyak dikaitkan  dengan  ruang
        dan  waktu.  Ruang  atau  letak  geografis  atau  tempat  belajar
        bukanlah  menjadi  hambatan  bagi  seseorang  untuk  mengikuti
        pendidikan.  Waktu  belajar  yang  biasanya  tersusun  secara  ketal
        antara  'guru'  dan  'peserta  ajar'  dibuat  sedemikian  longgarnya,
        sehingga  secara  umum  dalam  proses  belajarnya,  mahasiswalah
        penentu  waktu  belajarnya.  Di  sisi  lain,  lembaga  pendidikan
        melakukan  semua  persiapan  dan  pelaksanaan  penyelenggaraan
        proses  pembelajaran,  yang  kemudian  penyampaiannya  dilakukan
        melalui  berbagai  media  yang  mungkin.  Beragamnya  media
        penyampaian  yang  digunakan  mengakibatkan  konsep  jarak jauh
        dikaitkan juga dengan penggunaan teknologi informasi.
        Konsep  terbuka  di  lain  pihak  memiliki  ciri  tersendiri  yang  lebih
        didominasi  oleh  sifat  pemberian  peluang  yang  lebih  besar  pada
        setiap calon mahasiswa untuk mengikuti pendidikan tinggi. Terbuka
        sering  diterjemahkan  sebagai  pengurangan  kriteria  masuk  bagi
        calon  mahasiswa,  dengan  dasar  pertimbangan  kemampuan
        mahasiswa  adalah  seleksi  berikutnya  yang  menentukan  tingkat
        bertahannya  mahasiswa  dalam  mengikuti  pendidikan.  Namun



        210
   215   216   217   218   219   220   221   222   223   224   225