Page 190 - Cakrawala Pendidikan
P. 190
Dewi Padmo Putri
Kombinasi keduanya merupakan sebuah kombinasi yang efektif
yang dapat digunakan oleh tutor ataupun para peserta didik untuk
memberi komentar atau tanggapan antara satu dengan yang lain
secara tertulis maupun lisan. Dengan semakin meningkatnya
akses terhadap peralatan komputer di berbagai negara, maka
pemanfaatan komputer sebagai penyampai materi pembelajaran
dalam SPJJ semakin meningkat. Penggunaan computer
conferencing ini umumnya difokuskan pada kegiatan diskusi atau
seminar.
Walaupun ditemukan sejumlah keluhan dalam pemanfaatan
konferensi komputer, peserta didik juga merasakan nilai positif
mengenai keikutsertaannya dalam konferensi komputer. Mason
( 1994) mencatat beberapa pemikiran positif mengenai konferensi
komputer, antara lain:
• Konferensi komputer menciptakan peran peserta didik sangat
besar baik dalam melemparkan isu-isu dan memberikan
tanggapan maupun argumentasi. Tutor dalam hal ini hanya
memberikan arahan, sehingga permasalahan yang muncul
pada akhirnya diselesaikan sendiri oleh para peserta didik.
• Konferensi komputer memacu terjadinya diskusi yang serius
dan proses pembelajaran yang bersifat partisipatif.
• Konferensi komputer merupakan alat pembe!ajaran kelompok
yang dapat mengekspresikan proses be!ajar tiap individual.
Proses belajar individual yang terlihat adalah tumbuhnya
kemampuan individu untuk memberikan apres1asi terhadap
pendapat orang lain.
Mason (1994) mengemukakan bahwa pada kelompok kecil yang
menggunakan ketiga jenis telekonferensi tersebut, terlihat
frekuensi dan kualitas interaksi yang lebih baik dibandingkan
dengan kelompok besar. Hal ini menunjukkan bahwa interaksi
bukan merupakan karakteristik dari media atau teknologi, tetapi
lebih kepada bagaimana mengaplikasikan media/teknologi
terse but.
180