Page 190 - Cakrawala Pendidikan
P. 190

Dewi Padmo Putri

        Kombinasi  keduanya  merupakan  sebuah  kombinasi  yang  efektif
       yang dapat digunakan oleh  tutor ataupun para peserta didik  untuk
        memberi  komentar  atau  tanggapan  antara  satu  dengan  yang  lain
       secara  tertulis  maupun  lisan.  Dengan  semakin  meningkatnya
       akses  terhadap  peralatan  komputer  di  berbagai  negara,  maka
        pemanfaatan  komputer  sebagai  penyampai  materi  pembelajaran
       dalam   SPJJ    semakin   meningkat.   Penggunaan   computer
        conferencing  ini  umumnya  difokuskan  pada  kegiatan  diskusi  atau
        seminar.

       Walaupun  ditemukan  sejumlah  keluhan  dalam  pemanfaatan
       konferensi  komputer,  peserta  didik  juga  merasakan  nilai  positif
       mengenai  keikutsertaannya  dalam  konferensi  komputer.  Mason
        ( 1994)  mencatat  beberapa  pemikiran  positif  mengenai  konferensi
        komputer,  antara lain:
       •   Konferensi  komputer  menciptakan  peran  peserta  didik  sangat
           besar  baik  dalam  melemparkan  isu-isu  dan  memberikan
           tanggapan  maupun  argumentasi.  Tutor  dalam  hal  ini  hanya
           memberikan  arahan,  sehingga  permasalahan  yang  muncul
           pada akhirnya diselesaikan sendiri oleh  para peserta didik.
       •   Konferensi  komputer  memacu  terjadinya  diskusi  yang  serius
           dan proses pembelajaran yang bersifat partisipatif.
        •   Konferensi  komputer  merupakan  alat  pembe!ajaran  kelompok
           yang  dapat  mengekspresikan  proses  be!ajar  tiap  individual.
           Proses  belajar  individual  yang  terlihat  adalah  tumbuhnya
           kemampuan  individu  untuk  memberikan  apres1asi  terhadap
           pendapat orang lain.
        Mason  (1994)  mengemukakan  bahwa  pada  kelompok  kecil  yang
        menggunakan  ketiga  jenis  telekonferensi  tersebut,  terlihat
        frekuensi  dan  kualitas  interaksi  yang  lebih  baik  dibandingkan
        dengan  kelompok  besar.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  interaksi
        bukan  merupakan  karakteristik  dari  media  atau  teknologi,  tetapi
        lebih   kepada   bagaimana   mengaplikasikan   media/teknologi
        terse  but.







        180
   185   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195