Page 185 - Cakrawala Pendidikan
P. 185
Interaktivitas Dalam Proses Belajar ...
media non cetak lain. Walaupun bukan merupakan interaksi
langsung dua arah, setidaknya kombinasi keduanya dapat
menghadirkan adanya interaksi antara peserta didik dengan bahan
ajar dalam kadar intensitas tertentu.
Media Komputer
Bentuk interaksi lain antara peserta didik dengan bahan ajar yang
dapat dihadirkan dalam proses pembelajaran pada SPJJ adalah
menggunakan media yang memang memiliki kemampuan
interaktif. lnteraksi yang terjadi sangat bergantung pada
kemampuan media itu sendiri untuk dapat menghadirkan fungsi
interaktif dengan peserta didik. Kemajuan teknologi yang luar biasa
telah menciptakan sebuah media yang memiliki kemampuan
berinteraksi yang tinggi yaitu komputer. Bahan ajar berbantuan
komputer sangat potensial untuk menciptakan adanya interaksi.
Heinich, et.al (1996) mengemukakan sejumlah bentuk interaksi
yang dapat dimunculkan melalui media komputer seperti penyajian
praktek dan latihan, tutorial, permainan, simulasi, penemuan dan
pemecahan masalah. Penyajian program komputer tersebut pada
dasarnya mampu menghadirkan interaksi antara peserta didik
dengan bahan ajar. Melalui rancangan tertentu, peserta didik
dimungkinkan untuk memberikan respon, menerima umpan balik,
mempelajari materi yang lebih disukai lebih dahulu, menerima
koreksi, mempunyai kesempatan untuk melakukan perbaikan, dan
memperoleh penguatan yang memadai. Dengan teknologi yang
dimiliki, media komputer mampu menyajikan proses belajar yang
bersifat interaksi dengan kadar yang lebih tinggi.
Interaksi Sosial Melalui Media
Jenis interaksi lain yang dapat dihadirkan dalam SPJJ adalah
interaksi antara peserta didik dengan tutor atau antara peserta
didik dengan peserta didik. lnteraksi antara peserta didik dengan
tutor dapat dilakukan dengan berbagai media. Mulai dari media
yang paling sederhana sampai kepada bentuk interaksi yang
canggih. lnteraksi sederhana yang dapat dilakukan dalam SPJJ
adalah melalui korespondensi surat, namun cara ini dinilai lambat
dan mengalami banyak kendala. Seiring dengan kemajuan
175