Page 185 - Cakrawala Pendidikan
P. 185

Interaktivitas Dalam Proses Belajar ...


         media  non  cetak  lain.  Walaupun  bukan  merupakan  interaksi
         langsung  dua  arah,  setidaknya  kombinasi  keduanya  dapat
         menghadirkan adanya interaksi antara peserta didik dengan bahan
         ajar dalam kadar intensitas tertentu.


         Media Komputer
         Bentuk  interaksi  lain  antara  peserta  didik  dengan  bahan  ajar yang
         dapat  dihadirkan  dalam  proses  pembelajaran  pada  SPJJ  adalah
         menggunakan  media  yang      memang    memiliki  kemampuan
         interaktif.   lnteraksi  yang  terjadi  sangat  bergantung  pada
         kemampuan  media  itu  sendiri  untuk  dapat  menghadirkan  fungsi
         interaktif dengan peserta didik.  Kemajuan teknologi yang  luar biasa
         telah  menciptakan  sebuah  media  yang  memiliki  kemampuan
         berinteraksi  yang  tinggi  yaitu  komputer.  Bahan  ajar  berbantuan
         komputer  sangat  potensial  untuk  menciptakan  adanya  interaksi.
         Heinich,  et.al  (1996)  mengemukakan  sejumlah  bentuk  interaksi
         yang  dapat dimunculkan  melalui  media  komputer seperti  penyajian
         praktek  dan  latihan,  tutorial,  permainan,  simulasi,  penemuan  dan
         pemecahan  masalah.  Penyajian  program  komputer  tersebut  pada
         dasarnya  mampu  menghadirkan  interaksi  antara  peserta  didik
         dengan  bahan  ajar.  Melalui  rancangan  tertentu,  peserta  didik
         dimungkinkan  untuk  memberikan  respon,  menerima  umpan  balik,
         mempelajari  materi  yang  lebih  disukai  lebih  dahulu,  menerima
         koreksi,  mempunyai  kesempatan  untuk melakukan  perbaikan,  dan
         memperoleh  penguatan  yang  memadai.  Dengan  teknologi  yang
         dimiliki,  media  komputer  mampu  menyajikan  proses  belajar  yang
         bersifat interaksi dengan kadar yang lebih tinggi.

         Interaksi Sosial Melalui Media
         Jenis  interaksi  lain  yang  dapat  dihadirkan  dalam  SPJJ  adalah
         interaksi  antara  peserta  didik  dengan  tutor  atau  antara  peserta
         didik  dengan  peserta  didik.  lnteraksi  antara  peserta  didik  dengan
         tutor  dapat  dilakukan  dengan  berbagai  media.  Mulai  dari  media
         yang  paling  sederhana  sampai  kepada  bentuk  interaksi  yang
         canggih.  lnteraksi  sederhana  yang  dapat  dilakukan  dalam  SPJJ
         adalah  melalui  korespondensi  surat,  namun  cara  ini  dinilai  lambat
         dan  mengalami  banyak  kendala.  Seiring  dengan  kemajuan




                                                                  175
   180   181   182   183   184   185   186   187   188   189   190