Page 180 - Cakrawala Pendidikan
P. 180
10. INTERAKTIVITAS DALAM PROSES BEIAJAR
MENGAJAR PADA SISTEM PENDIDIKAN JARAK
JAUH MELALUI MEDIA
Dewi Padmo Pu tri
Pendahuluan
Sistem pendidikan jarak jauh (SPJJ) dewasa ini tidak lagi dianggap
sebagai sistem pendidikan darurat yang dibutuhkan hanya karena
desakan keadaan, melainkan karena tuntutan zaman. Kini,
pendidikan jarak jauh telah menjadi kecenderungan yang cukup
trendy, yang diminati, dicari dan dibutuhkan. Di Indonesia
kecenderungan tersebut mulai terlihat jelas dengan munculnya
gagasan pengembangan dual mode university pada beberapa
universitas negeri yang memiliki kredibilitas tinggi seperti ITB dan
Ul. Di sisi lain, merupakan sebuah realita bahwa interaksi antara
pengajar dan atau pengelola dengan peserta didik dalam
pendidikan jarak jauh acapkali menjadi kendala. Padahal interaksi
dalam proses belajar mengajar ini merupakan sebuah kebutuhan
yang memungkinkan peserta didik mengetahui hasil belajar yang
telah mereka tempuh, kesalahan yang mereka lakukan, dan
perbaikan yang perlu mereka lakukan serta hal lain yang
memerlukan proses interaksi. Hal ini sangat disadari oleh mereka
yang berkecimpung dalam dunia pendidikan jarak jauh, mengingat
salah satu karakteristik pendidikan jarak jauh adalah adanya
keterpisahan an tara pengajar dan peserta didik (Keegan, 1991 ).
Dari waktu ke waktu, isu mengenai kebutuhan akan proses belajar
yang bersifat interaktif selalu menjadi bahan pemikiran. Dewasa ini
isu tersebut semakin terbuka selaras dengan semakin tingginya
tuntutan terhadap kualitas pelayanan pendidikan jarak jauh.
Proses belajar-mengajar yang bersifat interaktif, yang dipercaya
170