Page 180 - Cakrawala Pendidikan
P. 180

10.  INTERAKTIVITAS DALAM PROSES BEIAJAR
            MENGAJAR PADA SISTEM PENDIDIKAN JARAK
            JAUH MELALUI MEDIA




        Dewi Padmo Pu tri



        Pendahuluan
        Sistem pendidikan jarak jauh (SPJJ) dewasa ini tidak lagi dianggap
        sebagai  sistem  pendidikan  darurat yang  dibutuhkan  hanya  karena
        desakan  keadaan,  melainkan  karena  tuntutan  zaman.  Kini,
        pendidikan  jarak  jauh  telah  menjadi  kecenderungan  yang  cukup
        trendy,  yang  diminati,  dicari  dan  dibutuhkan.  Di  Indonesia
        kecenderungan  tersebut  mulai  terlihat  jelas  dengan  munculnya
        gagasan  pengembangan  dual  mode  university  pada  beberapa
        universitas  negeri  yang  memiliki  kredibilitas  tinggi  seperti  ITB  dan
        Ul.  Di  sisi  lain,  merupakan  sebuah  realita  bahwa  interaksi antara
        pengajar  dan  atau  pengelola  dengan  peserta  didik  dalam
        pendidikan jarak jauh  acapkali  menjadi  kendala.  Padahal  interaksi
        dalam  proses  belajar  mengajar  ini  merupakan  sebuah  kebutuhan
        yang  memungkinkan  peserta  didik  mengetahui  hasil  belajar  yang
        telah  mereka  tempuh,  kesalahan  yang  mereka  lakukan,  dan
        perbaikan  yang  perlu  mereka  lakukan  serta  hal  lain  yang
        memerlukan  proses  interaksi.  Hal  ini  sangat disadari oleh  mereka
        yang  berkecimpung  dalam  dunia  pendidikan jarak jauh,  mengingat
        salah  satu  karakteristik  pendidikan  jarak  jauh  adalah  adanya
        keterpisahan an tara pengajar dan peserta didik (Keegan,  1991 ).

        Dari waktu  ke  waktu,  isu  mengenai  kebutuhan  akan  proses  belajar
        yang  bersifat interaktif selalu  menjadi  bahan  pemikiran.  Dewasa ini
        isu  tersebut  semakin  terbuka  selaras  dengan  semakin  tingginya
        tuntutan  terhadap  kualitas  pelayanan  pendidikan  jarak  jauh.
        Proses  belajar-mengajar  yang  bersifat  interaktif,  yang  dipercaya



        170
   175   176   177   178   179   180   181   182   183   184   185