Page 177 - Cakrawala Pendidikan
P. 177
akses tanpa batas ke berbagai sumber informasi lain seperti
industri, organisasi sosial maupun profesi, media masa, para ahli
dalam bidang masing-masing, bahkan dari masyarakat, keluarga,
maupun sesama peserta didik. Perkembangan teknologi informasi
bahkan memungkinkan tersedianya akses ke berbagai informasi
global dari seluruh dunia, mela!ui akses ke perpustakaan maya
(virtual library), museum maya (virtual museum), pangkalan-
pangkalan data di jaringan komputer, atau bahkan memungkinkan
untuk dapat berhubungan langsung dengan para ahli internasional.
Penyediaan Infrastruktur Yang Menunjang
Untuk mendukung perubahan serta kebutuhan yang diper!ukan
dalam menerapkan konsep Student-Centered Learning secara
maksimal, perlu ada infrastruktur yang menunjang. Jaringan kerja
sama antar institusi, baik institusi pendidikan maupun institusi non
pendidikan, secara nasional, regional maupun internasional akan
sangat mendukung terbukanya kesempatan untuk belajar di luar
batasan dinding sekolah atau budaya. Sehingga dapat lebih
memperkaya pengertian akan perbedaan, sekaligus menambah
wawasan ilmu pengetahuan menjadi lebih tak terbatas. Fasilitas
pendamping pendidikan seperti perpustakaan, museum sekolah,
laboratorium, pusat komputer maupun layanan administrasi yang
memudahkan, responsif, simpatik, serta mengacu pada kepuasan
dan kebutuhan peserta didik, akan sangat mendukung terciptanya
budaya Student-Centered Learning. Pemanfaatan teknologi
informasi, seperti komputer, telekomunikasi, dan jaringan baik
dalam kampus maupun luar kampus seperti Internet, merupakan
pendukung yang sangat penting dalam menunjang terciptanya
fleksibilitas dalam memilih tempat dan waktu belajar,
menghubungkan peserta didik dengan akses ke sumber belajar
yang luas, kolaborasi serta komunikasi antar pendidik dan peserta
didik, orang tua, sesama peserta didik maupun para ahli. Teknologi
informasi yang memiliki kemudahan dalam hal komunikasi dan
interaktivitas tanpa batasan waktu dan tempat, serta kemampuan
multimedia yang sekaligus menampilkan teks, gambar, suara dan
gerak, merupakan media yang menarik, baik bagi peserta didik
anak-anak maupun dewasa.
167