Page 176 - Cakrawala Pendidikan
P. 176

Aris Pongtuluran

        motivator,   dinamisator,   dan   fasi!itator   yang   membimbing,
        mendorong,  serta  mengerahkan  peserta  didik  untuk  menggali
        persoalan,  mencari sumber jawaban,  menyatakan  pendapat,  serta
        membangun  pengetahuan  sendiri.  Dalam  perubahan  peranan  ini,
        dibutuhkan  kepemimpinan,  kemampuan  berkomunikasi  serta
         keterbukaan  dari  pendidik  untuk dapat menjalin  hubungan  secara
         individu,  untuk dapat mengerti serta  mengikuti  perkembangan  dari
         masing-masing  peserta  didik,  di  samping  tentunya  wawasan  yang
         luas  dalam  mengarahkan  peserta  didik  ke  sumber-sumber belajar
         yang  dapat  digali.  Hati  dan  ilmu  menjadi  tuntutan  bagi  pendidik
         dalam menerapkan konsep Student-Centered Learning.

         Perubahan Metode Pembelajaran
         Jika seseorang berpikir bahwa ia sedang bersenang-senang  ketika
         ia sedang  belajar,  maka ia akan lupa bahwa  ia sedang belajar dan
         dengan  sendirinya  akan  menikmati  dan  mendapatkan  banyak
         manfaat  (Burns,  1997).  Ungkapan  ini  merupakan  ungkapan  yang
         sering  terlupakan  oleh  pendidik.  Penerapan  kedisiplinan  dan  cara
         yang  salah,  kurikulum  standar,  dan  sebagainya  yang  membuat
         anak  tidak  memiliki  pilihan  sendiri  tentunya  tidak  akan  membuat
         peserta  didik  merasa  sedang  bersenang-senang,  karena  tidak
         sesuai  dengan  apa  yang    disukainya.   Beberapa  metode
         pembelajaran  yang  mengacu  pada  belajar  secara  alamiah  dan
         mengacu  pada  keunikan  individu yang  perlu  dikembangkan  antara
         lain  adalah collaborative learning,  problem based learnig,  portfolio,
         team  project,   resource-based  learning.  Metode-metode   m1
         menekankan pada hal-hal seperti kerja sama tim,  diskusi, jawaban-
         jawaban  terbuka  (open-ended  answer),  interaktivitas,  pembuatan
         proyek  nyata  bukan  hanya  menghafal,  serta  belajar  bagaimana
         cara belajar dan  bukan hanya memperoleh ilmu  pengetahuan.

         Akses Berbagai Sumber Belajar
         Untuk   menunjang   metode    pembelajaran   yang   memberi
         kesempatan  bagi  peserta  didik  untuk  mengenali  permasalahan,
         serta menggali  informasi sebanyak mungkin  secara mandiri, akses
         informasi  tidak  boleh  lagi  dibatasi  hanya  pada  guru,  buku  wajib
         serta perpustakaan  lokal saja.  Peserta didik perlu ditunjang dengan




         166
   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181