Page 175 - Cakrawala Pendidikan
P. 175

Pembelajaran Yang Berfokus ...


         Kalau  diperhatikan  pula,  maka  proses  belajar  alami  ini  lebih
         mengacu  pada  kebutuhan,  minat,  kemampuan  serta  gaya  belajar
        dari  anak  itu  sendiri  sesuai  dengan  tingkat  perkembangannya.
         Dengan  demikian,  Student-Centered  Learning  adalah  suatu
        langkah back to basic,  yang  mengembalikan cara belajar ke proses
         belajar  alami  dan  settap  anak.  Untuk  kembali  ke  konsep  dasar
         pendidikan  yang  mengacu  pada  peserta  didik  ini,  tentunya  cara
        berptkir  para  pendidtk  perlu  dtreformast,  dt  sampmg  beberapa
        faktor  pendukung  yang  sangat  diperlukan  yang  tentunya  harus
        disesuaikan  dengan  makin  meningkatnya  kebutuhan  sesuai
        dengan  perkembangan  usia,  minat,  ataupun  kemampuan  setiap
         peserta  didik.  Sehubungan  dengan  hal  tersebut,  beberapa  faktor
         pendukung  yang  sangat  diperlukan  yang  tentunya  harus
        disesuaikan  dengan  makin  meningkatnya  kebutuhan  sesuai
         dengan  perkembangan  usia,  minat,  ataupun  kemampuan  setiap
         peserta  didik.  Sehubungan  dengan  hal  tersebut,  beberapa  hal
         utama  yang  perlu  disiapkan  meliputi  sikap  dan  peranan  pendidik,
         metode  pembelajaran,  akses  terhadap  sumber  belajar,  dan
         infrastruktur yang  memunjang.

        Perubahan Sikap dan Peranan Pendidik
         Dalam  konsep  belajar  Instructor-Centered  Learning,  pendidik
         memainkan  peranan  utama  dalam  mentransfer  ilmu  pengetahuan
         ke  peserta didik.  Pendidik harus mempersiapkan materi selengkap
         mungkin  dan  menerangkan  secara  searah.  Peserta  didik  akan
         menerima  secara  pasif  materi  yang  diberikan  dengan  mencatat
         serta  menghafal.  Dengan  demikian,  sumber  belajar  utama  adalah
         pendidik.   Dengan   menerapkan   konsep   Student-Centered
         Learning,   sebagian   beban   dari   mempersiapkan    serta
         mengkomunikasikan materi berpindah  ke  peserta didik yang  harus
         pula berperan  secara aktif.  Pendidik bukan  lagi tokoh  sentral yang
         tahu  segalanya.  Namun,  tidak  berarti  bahwa  tugas  pendidik
         menjadi  lebih  ringan  atau  tidak  lagi  penting.  Pendidik  tetap
         memainkan  peran  utama  dalam  proses  belajar,  tetapi  bukan
         sebagai  satu-satunya  sumber ilmu  pengetahuan.  Melalui  berbagai
         metode  seperti  diskusi,  pembahasan  masalah-masalah  nyata,
         proyek bersama,  bela jar secara kooperatif (Cooperative Learning),
         serta  tugas-tugas  mandiri,  pendidik  akan  lebih  dituntut  menjadi



                                                                  165
   170   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180