Page 170 - Cakrawala Pendidikan
P. 170
Aris
• Pendidikan Tinggi bertujuan untuk:
a. menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat
yang memiliki kemampuan akademik dan/atau
profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan
dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi
dan/atau kesenian; serta untuk
b. mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu
pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta
mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan
taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya
kebudayaan nasionaL
Untuk menuangkan tujuan-tujuan tersebut dapat dalam undang-
undang maupun peraturan secara tepat, pendidikan harus
diwujudkan sebagai pengajaran, pembimbingan, dan pelatihan
(teaching, guiding and training). Mengajar untuk memberikan
pengetahuan membimbing untuk menamamkan sikap, dan
melatih untuk meningkatkan keterampilan. Semua ini harus
dilakukan secara berkesinambungan di rumah, di sekolah, dan di
masyarakat sepanjang hayat.
Masih harus diakui bahwa guru memainkan peranan utama dalam
proses pendidikan yang berkualitas, namun guru bukan satu-
satunya sumber ilmu pengetahuan. Hal lain yang perlu dipikirkan
dalam memajukan proses belajar mengajar adalah kurikulum,
program-program pendidikan, sumber daya, fasilitas pendidikan,
keuangan, manajemen, dan kepemimpinan pendidikan.
Karena berbagai alasan, pendidikan di sekolah-sekolah kita saat ini
masih merupakan pembelajaran yang berfokus pada pengajar
(Instructor-Centered Learning). Konsentrasi utama dalam proses
belajar mengajar terletak pada aspek mengajar saja.
Pembimbingan serta pelatihan hampir tidak ada. Bukan guru yang
harus disalahkan, tapi seluruh sistem pendidikan. Kurikulum
nasional yang ada terlalu kaku dan tersentralisir. Terlalu
banyaknya subjek yang harus diajarkan di sekolah dalam 37 - 42
jam per minggu, tidak memungkinkan inovasi sekecil apapun untuk
dilakukan. Para guru dihantui oleh kurikulum nasional dan silabus
untuk dilaksanakan tepat waktu. Kurikulum, walaupun ada
kemungkinan untuk mengadaptasikannya dalam konteks lokal,
160