Page 165 - Cakrawala Pendidikan
P. 165

Karakteristik Dasar Proses Belajar

       Karakteristik  dasar  proses  belajar  tersebut  dapat  dipandang
       sebagai  karakteristik  belajar  dengan  obyek  belajar  suatu  modul
       atau  bahan  ajar  terpadu.  Sebagai  karakteristik  dasar  proses
       belajar,  karakteristik  itu  dapat  dipandang  misalnya  sebagai
       karakteristik  belajar  suatu  konsep.  Gambar  1  memperlihatkan,
       bahwa karakteristik dasar proses belajar dapat dibagi  menjadi tiga
       tahap.  Tahap  pertama  adalah  tahap  pengenalan,  yaitu  tahap
       sampai   pemahaman    seperempat  bahan    ajar.   Tahap   101
       memerlukan  waktu  yang  relatif  panjang.  Tahap  kedua  adalah
      tahap  introduksi  konsep,  yaitu  tahap  pemahaman  dari
       seperempat  sampai  tigaperempat  pemahaman.  Pada  tahap  ini,
       hasil  belajar yang  banyak  dapat dicapai  dalam  waktu  yang  relatif
       pendek.  Kemudian  tahap  terakhir  adalah  tahap  pemahaman
       konsep.  Secara  teoritik,  pemahaman  sempurna  tidak  pernah
       dicapai.  Orang  hanya  dapat  mencapai  pemahaman  hampir
       sempurna.
       Pada  tahap  pengenalan,  pebelajar  mulai  mengenali  elemen  dasar
       dan  tujuan  konsep  yang  dipelajari.  Waktu  pengenalan  ini  cukup
       panjang.  Setelah  itu,  tahap  introduksi konsep  berlangsung dengan
       relatif  cepat.  asal  motivasi  tidak  berkurang.  Pada  tahap  itu,
       pebelajar mencari makna dan hubungan antar elemen dasar bahan
       ajar  dengan  menggunakan  kreativitasnya.  Proses  kreativitas
       berlangsung  pada  tahap  ini.  Kemudian,  proses  belajar  diakhiri
       dengan  tahap  pemahaman  konsep.  Pada  tahap  ini  pebelajar
       mempelajari  penerapan  konsep  dan  barangkali  memperluasnya
       dengan ide baru.

       Penutup
       Karakteristik  dasar  proses  belajar  dengan  variabel  motivasi  dan
       keadaan  awal  pemahaman  bagian  bahan  ajar  telah  ditunjukkan.
       Karakteristik tersebut dapat digunakan sebagai pedoman awal bagi
       usaha  peningkatan  hasil  proses  pembelajaran.  Motivasi  belajar
       berperan  sangat  penting  bagi  cepatnya  pencapaian  hasil  belajar.
       Penyusunan  rangkaian  bahan  ajar dengan  persyaratan  bahan  ajar
       prerequisite  merupakan  usaha  yang  baik  untuk  meningkatkan
       keadaan  awal  pemahaman  bahan  ajar  yang  dapat  sangat
       mempercepat  pemahaman  bahan  ajar.  Bahan  aJar  prerequisite



                                                                155
   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170