Page 161 - Cakrawala Pendidikan
P. 161

-       Karakteristik Dasar Proses Belajar

       selanjutnya.  Sumbangan  itu  sebanding  dengan  sisa  bahan  ajar
       yang  dipelajari.  Makin  besar  sisa  bahan  ajar,  makin  besar
       sumbangan  setiap  bagian  bahan  ajar  yang  telah  dipahami  pada
       proses  belajar.  Karena  adanya  motivasi,  besar  laju  pemahaman
       per  setiap  bagian  yang  telah  dipahami  sebanding  dengan  sisa
       bahan ajar.

       Laju  pemahaman  adalah  perubahan  P terhadap  waktu,  atau  dP  .
                                                               dt
       Sedangkan laju  pemahaman  per bagian yang  telah dipahami dapat
       dituliskan   sebagai   dP   Dapat  dikatakan,   bahwa   laju
                            Pdt
       pemahaman  untuk  setiap  bagian  bahan  ajar  sebanding
       dengan  sisa  bahan  yang  harus  dipelajari,  dengan  faktor
       kesebandingan  motivasi yang  diberi  lambang  m.  Pernyataan
       tersebut dapat dituliskan sebagai
             dP
                     m  (B  - P)
            p  dt
       a tau


           ~ =  m (B- P)  P,   m > 0  , B > 0 , P ?:.  0     (1)

       Persamaan  ( 1)  merupakan  persamaan  yang  dikenal  sebagai
       persamaan  logistik,  Vandermeer  (1990).  Persamaan  diferensial
       tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan cara pemisahan
       peubah,  yaitu bahwa persamaan (  1) dapat dituliskan sebagai

               dP
                        mdt                                  (2)
            (B-P)P
       lntegrasi persamaan (2) menghasilkan

            In(  p   )=mt+A
                B-P








                                                                151
   156   157   158   159   160   161   162   163   164   165   166