Page 163 - Cakrawala Pendidikan
P. 163

Karakteristik Dasar Proses Belajar


        Kurva S
        Untuk  suatu  keadaan  awal  P   yang  kecif,  persamaan  (3)
                                      0
        digambarkan  sebagai  gambar  1.  Karena  kurva  karakteristik  hasil
        belajar  itu  menyerupai  huruf  S,  kurva  tersebut  dapat  disebut
        sebagai kurva  S.  Pada gambar 1 ditunjukkan solusi  P untuk suatu
        keadaan  awal  P a  dan  berbagai  motivasi  m.  Kecepatan  rata-rata
        pemahaman  dapat ditingkatkan  dengan  memperbesar m.  Gambar
        2  menunjukkan  persamaan  (3)  untuk  berbagai  keadaan  awal  P 0 •
        Dari  kedua  gambar  tersebut  dapat  dilihat  bahwa  pemahaman
        sampai  P/2  memerlukan  waktu  yang  panjang,  karena  kurva  P
        cekung  ke  atas.  Sedangkan  setelah  pemahaman  mencapai  P/2,
        waktu  pemahaman  bagian  materi  tertentu  menjadi  lebih  pendek,
        karena kurva P cekung ke bawah. Juga terlihat bahwa pemahaman
        seluruh  materi  ajar  dicapai  secara  asimtotik,  artinya  pemahaman
        seluruh  materi  dicapai  dalam  waktu  tak  terhingga.  Hal  itu  berarti,
        bahwa  orang  tidak  dapat  memahami  seluruh  materi  secara
        sempurna.  ltu  sesuai  dengan  hakekat  pengetahuan,  yaitu  bahwa
        orang  tidak  akan  pernah  dapat  memahami  sesuatu  sampai
        sempurna.  Makin  banyak orang  belajar,  makin  tahu  dia  bahwa  dia
        belum tahu.

                        P •  Bagian  bahan ajar yang IGiah  dipahami
              p         B •  Bahan ajar yanu diberikan
                        I  •  Waklu
                        m •  MoiNul (dlanggap konstan)
              8






              112










              Gambar 1.  Kurva S : Karakteristik dasar proses belajar



                                                                 !53
   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168