Page 163 - Cakrawala Pendidikan
P. 163
Karakteristik Dasar Proses Belajar
Kurva S
Untuk suatu keadaan awal P yang kecif, persamaan (3)
0
digambarkan sebagai gambar 1. Karena kurva karakteristik hasil
belajar itu menyerupai huruf S, kurva tersebut dapat disebut
sebagai kurva S. Pada gambar 1 ditunjukkan solusi P untuk suatu
keadaan awal P a dan berbagai motivasi m. Kecepatan rata-rata
pemahaman dapat ditingkatkan dengan memperbesar m. Gambar
2 menunjukkan persamaan (3) untuk berbagai keadaan awal P 0 •
Dari kedua gambar tersebut dapat dilihat bahwa pemahaman
sampai P/2 memerlukan waktu yang panjang, karena kurva P
cekung ke atas. Sedangkan setelah pemahaman mencapai P/2,
waktu pemahaman bagian materi tertentu menjadi lebih pendek,
karena kurva P cekung ke bawah. Juga terlihat bahwa pemahaman
seluruh materi ajar dicapai secara asimtotik, artinya pemahaman
seluruh materi dicapai dalam waktu tak terhingga. Hal itu berarti,
bahwa orang tidak dapat memahami seluruh materi secara
sempurna. ltu sesuai dengan hakekat pengetahuan, yaitu bahwa
orang tidak akan pernah dapat memahami sesuatu sampai
sempurna. Makin banyak orang belajar, makin tahu dia bahwa dia
belum tahu.
P • Bagian bahan ajar yang IGiah dipahami
p B • Bahan ajar yanu diberikan
I • Waklu
m • MoiNul (dlanggap konstan)
8
112
Gambar 1. Kurva S : Karakteristik dasar proses belajar
!53