Page 160 - Cakrawala Pendidikan
P. 160

Bambang Sutjiatmo

          mempelajari   proses   belajar   bagi   pengembangan   proses
          pembelajaran.

          Uraian  ini  merupakan elemen karakteristik belajar seseorang  untuk
          melihat  kemampuan  individu  dalam  menerima  dalam  arti
          memahami  makna  dan  hubungan  antar  informasi,  sehingga
          membentuk  pemahaman.  Otak  merupakan  suatu  sistem  yang
          sangat  kompleks  yang  dapat  mengolah  pikiran,  emosi,  dan
          imaginasi secara  bersamaan.  Model  yang  digunakan  di  sini  adalah
          model  yang  sangat  sederhana.  Otak  mengolah  informasi  menjadi
          pemahaman  hanya  berdasarkan  motivasi  dan  keadaah  awal.
          Motivasi  dalam  analisis  ini  merupakan  resultan  dari  kebutuhan,
          keingin-tahuan,  minat,  perhatian  dan  lainnya  yang  sejenis  dengan
          itu.  Sedangkan  keadaan  awal  itu  adalah  informasi  yang  telah
          dipahami  oleh  pebelajar yang  berkenaan  dengan  bahan  ajar yang
          sedang  dipelajari.  Karakteristik  yang  diperoleh  dalam  analisis  ini
          belum  melibatkan  emosi  dan  keadaan  psikologis  lain  dari
          pebelajar,  keadaan  fisik  lingkungan,  serta  fasilitas  belajar.  Karena
          itu,  karakteristik  belajar  yang  diperoleh  merupakan  karakteristik
          dasar proses belajar.

          Analisis
          Melalui proses belajar,  bahan ajar dipelajari hingga sebagian  besar
          bahan  tersebut  dipahami.  Bahan  ajar  dapat  dipandang  terdiri  dari
          banyak  bagian.  Bagian  bahan  ajar  tersebut  dipelajari  dengan
          urutan  yang  ditentukan,  menurut  sistematika  tertentu,  sehingga
          sebagian  besar bahan  ajar dapat dipelajari  dengan  mudah.  Dalam
          analisis  ini,  seluruh  bahan  ajar  yang  diberikan  diberi  lambang  B.
           Keadaan  awal  pemahaman  orang  terhadap  bahan  yang  akan
          dipelajari  berbeda-beda.  Orang  dapat  mempelajari  B  dengan
           keadaan  awal  kecil,  yaitu  bahwa ia  baru  mengetahui sangat sedikit
           bagian  dari  B.  Di  samping  itu,  terdapat orang  yang  mempelajari  B
           itu dengan telah  memahami sebagian dari B.

           Misalkan  pada  suatu  saat dalam  belajar,  bagian  dari  B yang  telah
          dipahami  adalah  P,  sehingga  sisa  bahan  ajar  yang  masih  harus
          dipelajari  adalah  (B  - P).  Proses  belajar  sangat  dipengaruhi  oleh
           motivasi belajar.  Di  samping itu,  setiap bagian dari bahan ajar yang
          telah  dipahami  berperan  menyumbang  proses  pemahaman


           ISO
   155   156   157   158   159   160   161   162   163   164   165