Page 162 - Cakrawala Pendidikan
P. 162
atau
- e
P ·-c /Ill
B-P
di mana A dan C adalah konstanta.
Dengan keadaan awa! P = P 0 pada t = 0 diperoleh
Po
C=
n- P.,
sehingga, solusi persamaan ( 1) dapat ditulis sebagai
P(t) (3)
+(B _ p) -1111
P a o e
Langkah penyelesaian persamaan diferensia! dengan cara
pemisahan peubah dapat dilihat dalam berbagai buku standar
matematik tentang persamaan diferensial, seperti misalnya
Kreyszig (1988), sedangkan langkah integrasi di atas dapat
dipelajari melalui buku standar tentang kalku!us, seperti misalnya
Purcell dan Varberg (1990).
Jika P = 0, yaitu keadaan awal peserta ajar adalah no!, maka
0
P(t) = 0. Hal itu menunjukkan, bahwa jika peserta ajar belum
mempunyai informasi sedikitpun mengenai materi ajar, peserta ajar
tidak pernah bisa memperoleh pemahaman sedikitpun. Hal itu
merupakan suatu keadaan ekstrem yang sesungguhnya tidak
pernah dijumpai. Bagaimanapun, pebelajar telah mempunyai
informasi awal mengenai bahan ajar yang akan dipelajari. Dalam
proses belajar, informasi awal tentang materi ajar merupakan
informasi yang maha penting dan harus dipunyai oleh pebelajar.
lnformasi awal tersebut antara lain dapat berupa definisi elemen
dasar dari himpunan informasi obyek ajar. Definisi elemen dasar
obyek ajar harus dipahami dahulu oleh pebelajar sebelum dia mulai
belajar.
152