Page 162 - Cakrawala Pendidikan
P. 162

atau

                      -   e
                  P  ·-c  /Ill
                 B-P
          di mana A dan C adalah konstanta.

          Dengan keadaan awa! P = P 0  pada t = 0 diperoleh
                        Po
                 C=
                      n- P.,
          sehingga, solusi persamaan ( 1) dapat ditulis sebagai


               P(t)                                             (3)
                         +(B _ p)  -1111
                      P  a      o  e
          Langkah  penyelesaian  persamaan  diferensia!  dengan  cara
          pemisahan  peubah  dapat  dilihat  dalam  berbagai  buku  standar
         matematik  tentang  persamaan  diferensial,  seperti  misalnya
          Kreyszig  (1988),  sedangkan  langkah  integrasi  di  atas  dapat
         dipelajari  melalui  buku  standar  tentang  kalku!us,  seperti  misalnya
          Purcell dan Varberg (1990).

          Jika  P =  0,  yaitu  keadaan  awal  peserta  ajar  adalah  no!,  maka
               0
          P(t)  = 0.  Hal  itu  menunjukkan,  bahwa  jika  peserta  ajar  belum
         mempunyai informasi sedikitpun mengenai materi ajar,  peserta ajar
         tidak  pernah  bisa  memperoleh  pemahaman  sedikitpun.  Hal  itu
          merupakan  suatu  keadaan  ekstrem  yang  sesungguhnya  tidak
         pernah  dijumpai.  Bagaimanapun,  pebelajar  telah  mempunyai
         informasi  awal  mengenai  bahan  ajar  yang  akan  dipelajari.  Dalam
          proses  belajar,  informasi  awal  tentang  materi  ajar  merupakan
         informasi  yang  maha  penting  dan  harus  dipunyai  oleh  pebelajar.
          lnformasi  awal  tersebut  antara  lain  dapat  berupa  definisi  elemen
         dasar  dari  himpunan  informasi  obyek  ajar.  Definisi  elemen  dasar
         obyek ajar harus dipahami dahulu oleh pebelajar sebelum dia mulai
         belajar.








          152
   157   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167