Page 157 - Cakrawala Pendidikan
P. 157
Teknologi Pendidikan: Hakikat ...
d. Budaya
Tidak semua teknologi mudah di terima oleh suatu
masyarakat, misal karena sudah terlanjur tidak suka dengan
Amerika Serikat, maka teknologi apa pun yang berbau
Amerika Serikat dianggap haram oleh masyarakat Amerika
Latin.
e. Kebijakan
lmplementasi teknologi perlu dukungan dan persetujuan dari
pemegang kebijakan, tanpa itu sulit.
Kesimpulan
Berbicara tentang peranan teknologi dalam pendidikan, semestinya
tidak hanya berbicara mengenai alatnya semata, tetapi harus juga
berfikir tentang pendidikan secara umum, khususnya tentang
keterkaitan antara efektivitas strategi instruksional dengan
perangkat lunak program pendidikan yang tersedia.
Gleason et all (1990) menylmpulkan bahwa guru dan slswa akan
memperoleh keuntungan yang tldak sedikit jika mereka melakukan
analisis yang seksama terhadap substansi mata pelajaran, dan
menggunakan prinsip-prinsip dasar instruksional yang berkaitan
dengan suara untuk melaksanakan program pengajaran bagi siswa
yang pendengarannya terganggu.
Hofmeister dan Thorkildsen (1989) juga menyimpulkan bahwa
videotape merupakan sa!ah satu alat yang efektif untuk
menyampaikan materi pe!ajaran, tetapi efektivitas pengajaran
sesungguhnya terletak pada pemi!ihan strategi instruksional yang
sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, serta keahlian
guru di dalam menyampaikan materi. Mereka juga berpendapat
bahwa videodisc hanya efekt1f digunakan sebaga1 alat bantu
proses pembelajaran oleh guru, tetapi bukan sebaga1 alat yang
dapat menggantikan peranan guru.
Pogrow (1988) berkesimpulan bahwa penggunaan komputer tidak
akan efektif jika hanya dianggap sebagai alat belaka. Komputer
akan membantu proses pembelajaran jika ia dapat bekerja sama
dengan guru atau paling tidak digunakan di dalam kelas pada saat
proses pembelajaran terjadi.
147