Page 157 - Cakrawala Pendidikan
P. 157

Teknologi Pendidikan: Hakikat  ...

      d.   Budaya
           Tidak  semua  teknologi  mudah  di  terima  oleh  suatu
           masyarakat,  misal  karena  sudah  terlanjur  tidak  suka  dengan
           Amerika  Serikat,  maka  teknologi  apa  pun  yang  berbau
           Amerika  Serikat  dianggap  haram  oleh  masyarakat  Amerika
           Latin.
      e.   Kebijakan
           lmplementasi  teknologi  perlu  dukungan  dan  persetujuan  dari
           pemegang kebijakan, tanpa itu sulit.

      Kesimpulan
      Berbicara tentang  peranan teknologi dalam pendidikan, semestinya
      tidak hanya berbicara mengenai alatnya  semata,  tetapi harus juga
      berfikir  tentang  pendidikan  secara  umum,  khususnya  tentang
      keterkaitan  antara  efektivitas  strategi  instruksional  dengan
      perangkat lunak program pendidikan yang tersedia.
      Gleason  et  all  (1990)  menylmpulkan  bahwa  guru  dan  slswa  akan
      memperoleh keuntungan  yang tldak sedikit jika mereka melakukan
      analisis  yang  seksama  terhadap  substansi  mata  pelajaran,  dan
      menggunakan  prinsip-prinsip  dasar  instruksional  yang  berkaitan
      dengan suara untuk melaksanakan program pengajaran bagi siswa
      yang pendengarannya terganggu.
      Hofmeister  dan  Thorkildsen  (1989)  juga  menyimpulkan  bahwa
      videotape  merupakan  sa!ah  satu  alat  yang  efektif  untuk
      menyampaikan  materi  pe!ajaran,  tetapi  efektivitas  pengajaran
      sesungguhnya  terletak  pada  pemi!ihan  strategi  instruksional  yang
      sesuai  dengan  kebutuhan  dan  karakteristik  siswa,  serta  keahlian
      guru  di  dalam  menyampaikan  materi.  Mereka  juga  berpendapat
      bahwa  videodisc  hanya  efekt1f  digunakan  sebaga1  alat  bantu
      proses  pembelajaran  oleh  guru,  tetapi  bukan  sebaga1  alat  yang
      dapat menggantikan peranan  guru.
       Pogrow (1988)  berkesimpulan  bahwa  penggunaan  komputer tidak
      akan  efektif  jika  hanya  dianggap  sebagai  alat  belaka.  Komputer
       akan  membantu  proses  pembelajaran  jika  ia  dapat  bekerja  sama
       dengan guru atau  paling tidak digunakan di  dalam kelas pada  saat
       proses pembelajaran terjadi.



                                                               147
   152   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162