Page 152 - Cakrawala Pendidikan
P. 152
d. Di bidang pendidikan jarak jauh, media yang sangat
penting dalam SPJJ ada empat, yaitu media cetak, audio,
televisi dan komputer. Kaufman (1989) mengelompokkan
media yang digunakan dalam SPJJ kedalam tiga generasi,
yaitu media tunggal, multi media dan teknologi interaksi dua
arah. Korespondensi, baik lewat surat, radio maupun televisi
merupakan contoh dari media tunggal, kelemahannya adalah
interaksi antara guru dan siswa sangat kurang. Generasi
kedua dinamakan generasi multimedia karena untuk
mengelola pembelajarannya suatu institusi pendidikan jarak
jauh sudah mulai mengkombinasikan media satu arah (seperti
cetak, siaran, kaset) dengan komunikasi dua arah
(korenpondensi tutor, tutorial tatap muka). Sementara
generasi ke tiga media pendidikan jarak jauh ditandai dengan
penggunaan teknologi informasi elektronik (Pelton, 1990).
Contoh : computer conferencing, computer networking, audio-
video conferencing, audio graphic, two-way television dan
voice telephone.
e. Da/am pendidikan Matematika, teknologi pendidikan yang
paling banyak dimanfaatkan adalah microcomputer, (termasuk
didalamnya desk-top, lap-top, atau notebook computer), hand-
held calculator, videodisk, dan CD ROM, yang sering juga
dikategorikan sebagai perangkat teknologi informasi yang
paling mutakhir.
Pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap
pengajaran matematika di sekolah, yaitu menyebabkan
perubahan pada sifat matematika itu sendiri, cara
mengajarkan matematika, dan perubahan pada teknologi yang
digunakan.
Fraser ( 1988) mengelompokkan komputer untuk pengajaran
matematika menjadi empat kelompok, yaitu sebagai
"mathematical toolkits", "catalyst", "formal language
interfaces", dan ·· tutorials". Yang termasuk "mathematical
toolkits" diantaranya adalah kalkulator, spreadsheet, alat-alat
pembuat grafik, serta perangkat-perangkat lunak yang biasa
digunakan untuk matematika, seperti Geometers' Sketchpad,
Algebra Xpresser (Olive dan Steffe, 1990). LOGO adalah
142