Page 152 - Cakrawala Pendidikan
P. 152

d.   Di  bidang   pendidikan  jarak  jauh,  media  yang  sangat
            penting  dalam  SPJJ  ada  empat,  yaitu  media  cetak,  audio,
            televisi  dan  komputer.  Kaufman  (1989)  mengelompokkan
            media  yang  digunakan  dalam  SPJJ  kedalam  tiga  generasi,
            yaitu  media  tunggal,  multi  media  dan  teknologi  interaksi  dua
            arah.  Korespondensi,  baik  lewat surat,  radio  maupun  televisi
            merupakan contoh  dari  media tunggal,  kelemahannya  adalah
            interaksi  antara  guru  dan  siswa  sangat  kurang.  Generasi
            kedua  dinamakan  generasi    multimedia  karena   untuk
            mengelola  pembelajarannya  suatu  institusi  pendidikan  jarak
            jauh sudah  mulai mengkombinasikan media satu arah  (seperti
            cetak,   siaran,   kaset)   dengan   komunikasi   dua   arah
            (korenpondensi  tutor,  tutorial  tatap  muka).  Sementara
            generasi  ke  tiga  media pendidikan jarak jauh  ditandai dengan
            penggunaan  teknologi  informasi  elektronik  (Pelton,  1990).
            Contoh  : computer conferencing,  computer networking,  audio-
            video  conferencing,  audio  graphic,  two-way  television  dan
            voice telephone.
        e.   Da/am  pendidikan  Matematika,  teknologi  pendidikan  yang
            paling  banyak dimanfaatkan adalah microcomputer, (termasuk
            didalamnya desk-top, lap-top, atau notebook computer),  hand-
            held  calculator,  videodisk,  dan  CD  ROM,  yang  sering  juga
            dikategorikan  sebagai  perangkat  teknologi  informasi  yang
            paling mutakhir.
            Pemanfaatan  teknologi  informasi  berpengaruh  terhadap
            pengajaran  matematika  di  sekolah,  yaitu  menyebabkan
            perubahan   pada   sifat   matematika   itu   sendiri,   cara
            mengajarkan matematika, dan perubahan pada teknologi yang
            digunakan.
            Fraser  ( 1988)  mengelompokkan  komputer  untuk  pengajaran
            matematika   menjadi  empat   kelompok,   yaitu   sebagai
            "mathematical   toolkits",   "catalyst",   "formal   language
            interfaces",  dan  ··  tutorials".  Yang  termasuk  "mathematical
            toolkits"  diantaranya  adalah  kalkulator,  spreadsheet,  alat-alat
            pembuat  grafik,  serta  perangkat-perangkat  lunak  yang  biasa
            digunakan  untuk  matematika,  seperti  Geometers'  Sketchpad,
            Algebra  Xpresser  (Olive  dan  Steffe,  1990).  LOGO  adalah



        142
   147   148   149   150   151   152   153   154   155   156   157