Page 149 - Cakrawala Pendidikan
P. 149

Instruction (PSI), simulasi,
                                        games, Team Accelerated
                                        Instruction, Instructional System
                                        Development dan  Low Cost
                                        Learning System.


          Realitas pemanfaatan teknologi pendidikan

          Dalam  kenyataannya,  pemanfaatan  teknologi  pendidikan  dalam
          berbagai  sektor  pendidikan  masih  banyak  dipandang  sebagai
          konsep  alat  dibanding  konsep  proses.  Walaupun  demikian,  pada
          saat  teknologi  pendidikan  sebagai  konsep  alat  dirancang  dan
          diimplementasikan  dalam  proses  belajar  mengajar  atau  dalam
          berbagai  aktivitas  kehidupan  manusia  lainnya,  pada  saat
          bersamaan  teknologi  pendidikan  sebagai  konsep  proses  pun
          sebetulnya  secara  implisit  sudah  terintegrasi  didalamnya.  Berikut
          ini beberapa contoh implementasi teknologi pendidikan,  baik dalam
          konsep a/at maupun proses, di berbagai sektor pendidikan :

          a.   Di  tingkat  pendidikan  dasar  dan  menengah,  teknologi
              pendidikan   berperan    didalam    membantu     sekolah
              merealisasikan  misinya  yaitu  membantu    siswa  untuk
              mendapatkan    pengetahuan,   keterampilan   serta   sikap
              sebagaimana tertera  dalam kurikulum.
              Walberg  (84)  menyatakan  bahwa  "learning  achievement"
              secara langsung tergantung pada empat faktor,  yaitu  aptitude,
              motivation,  instruction,  dan  psychological environment of the
              classroom.  Dengan  kata  lain  teknologi  pendidikan  dianggap
              mempunyai  potensi  secara  langsung  ataupun  secara  tidak
              langsung  di  dalam  meningkatkan  motivasi,  menguatkan
              pengajaran  dan  meningkatkan  lingkungan  psikologi  didalam
              kelas.  Dengan  demikian  diharapkan  proses  pembelajaran
              dapat berjalan efektif dan efisien  serta tujuan pendidikan yang
              telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik.

          b.   Dalam  pendidikan  /uar  biasa,    teknologi  pendidikan
              dimanfaatkan  untuk  hal-hal  yang  dapat  mambantu  siswa-
              siswa  yang  berkelainan  (=  pendidikan  luar  biasa)  dalam
              proses  be/ajar  mengajar.  Dalam  hal  ini,  teknologi  pendidikan



                                                                   139
   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154