Page 149 - Cakrawala Pendidikan
P. 149
Instruction (PSI), simulasi,
games, Team Accelerated
Instruction, Instructional System
Development dan Low Cost
Learning System.
Realitas pemanfaatan teknologi pendidikan
Dalam kenyataannya, pemanfaatan teknologi pendidikan dalam
berbagai sektor pendidikan masih banyak dipandang sebagai
konsep alat dibanding konsep proses. Walaupun demikian, pada
saat teknologi pendidikan sebagai konsep alat dirancang dan
diimplementasikan dalam proses belajar mengajar atau dalam
berbagai aktivitas kehidupan manusia lainnya, pada saat
bersamaan teknologi pendidikan sebagai konsep proses pun
sebetulnya secara implisit sudah terintegrasi didalamnya. Berikut
ini beberapa contoh implementasi teknologi pendidikan, baik dalam
konsep a/at maupun proses, di berbagai sektor pendidikan :
a. Di tingkat pendidikan dasar dan menengah, teknologi
pendidikan berperan didalam membantu sekolah
merealisasikan misinya yaitu membantu siswa untuk
mendapatkan pengetahuan, keterampilan serta sikap
sebagaimana tertera dalam kurikulum.
Walberg (84) menyatakan bahwa "learning achievement"
secara langsung tergantung pada empat faktor, yaitu aptitude,
motivation, instruction, dan psychological environment of the
classroom. Dengan kata lain teknologi pendidikan dianggap
mempunyai potensi secara langsung ataupun secara tidak
langsung di dalam meningkatkan motivasi, menguatkan
pengajaran dan meningkatkan lingkungan psikologi didalam
kelas. Dengan demikian diharapkan proses pembelajaran
dapat berjalan efektif dan efisien serta tujuan pendidikan yang
telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik.
b. Dalam pendidikan /uar biasa, teknologi pendidikan
dimanfaatkan untuk hal-hal yang dapat mambantu siswa-
siswa yang berkelainan (= pendidikan luar biasa) dalam
proses be/ajar mengajar. Dalam hal ini, teknologi pendidikan
139