Page 154 - Cakrawala Pendidikan
P. 154
Atwi dkk
pendidikan sains. Dengan CAl memungkinkan siswa untuk
dapat belajar mandiri.
Interactive Video Technology merupakan perkembangan dari
aplikasi komputer. Untuk tutorial, videodisk dapat memberikan
gambaran nyata, dibanding hanya disampaikan dengan kata-
kata. Penggunaan interactive video technology menciptakan
nuansa multimedia dalam kelas sains.
g. Da/am Pendidikan Bahasa, penggunaan komputer semakin
meningkat dan semakin diterima sebagai bagian yang tak
terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.
Dalam pendidikan bahasa, terdapat empat jenis teknologi
informasi yang digunakan, yaitu Telecommunication-mediated
Writing, Word Processor-facilitated Composition, Hypermedia-
supported Language Instruction, dan Simulation-simulated
Oral Discourse.
Telecommunication-mediated Writing merupakan program
yang memungkinkan siswa untuk bergabung dengan suatu
kelompok penulis. Program ini memfasilitasi siswa dengan
audiens yang asli, yang terdiri dari ternan sejawat. guru, siswa
dan guru dari lain sekolah, serta pakar menulis, seperti novelis
atau penyair. Selain itu, program ini juga memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menjalin kerjasama kognitif.
Telecommunication-mediated Writing terdiri dari komputer,
modem, perangkat lunak komunikasi, line telephone, serta hak
bagi siswa untuk masuk kedalam pusat sistem komputer.
Penggunaan word processor dalam kelas bahasa,
memungkinkan siswa untuk dapat melakukan perubahan
dengan cepat dan mudah pada karangan yang dibuatnya,
tanpa harus menulis ulang semua pekerjaannya. Selain itu,
word processor telah terbukti mampu membantu guru didalam
membangkitkan motivasi siswa-siswanya untuk dapat
mengemukakan pendapatnya secara bebas dan bertanggung
jawab. Selain itu, beberapa program komputer sekarang ini
sudah dilengkapi dengan perangkat yang dapat digunakan
untuk membantu menulis, misalnya Microsoft Word for
Windows.
144