Page 159 - Cakrawala Pendidikan
P. 159
8. KARAKTERISTIK DASAR PROSES BELAJAR
Barnbang Sutjiatrno
Pendahuluan
Secara sederhana, proses belajar antara lain dapat dipandang
sebagai rangkaian proses mengenali, memperhatikan, dan
selanjutnya memahami sifat atau konsep yang terkandung dalam
obyek belajar. Dalam tulisan ini akan dipelajari karakteristik proses
belajar sebagai fungsi waktu, dengan model yang sangat
sederhana. Proses belajar dilihat sebagai proses 'mengendapnya'
informasi di dalam memori orang, hingga terjadi pemahaman
hakekat, sifat atau hubungan sifat informasi atau kelompok
informasi. Secara khusus, di sini hanya dipelajari bagaimana
karakteristik hasil belajar orang dalam pemahaman suatu bahan
ajar tertentu. Karakteristik yang dimaksud adalah bagaimana dan
berapa lama bagian bahan ajar dipahami. Apakah bahan ajar yang
diberikan dapat dipahami seluruhnya? Bahan ajar yang dimaksud
di sini adalah suatu himpunan bahan yang tersusun secara
sistematik, sehingga membentuk suatu elemen kecil ilmu atau
pengetahuan. Model yang digunakan adalah otak yang mengolah
informasi berdasarkan motivasi dan keadaan awal informasi yang
dipunyainya. Walaupun di sini dilakukan analisis kuantitatif, tetapi
karena modelnya sangat sederhana. hasilnya harus diinterpretasi
secara kualitatif.
Belajar merupakan aktivitas manusia yang sangat kompleks,
sehingga tidaklah mungkin memformulasikannya secara tuntas dan
sempurna Bagaimanakah mekanisme orang belajar? Pertanyaan
itu tentu telah menjadi pertanyaan standar mereka yang berminat
149