Page 159 - Cakrawala Pendidikan
P. 159

8.  KARAKTERISTIK DASAR PROSES BELAJAR






      Barnbang Sutjiatrno



      Pendahuluan
       Secara  sederhana,  proses  belajar  antara  lain  dapat  dipandang
       sebagai  rangkaian  proses  mengenali,  memperhatikan,  dan
       selanjutnya  memahami  sifat  atau  konsep  yang  terkandung  dalam
       obyek belajar.  Dalam tulisan  ini  akan  dipelajari karakteristik proses
       belajar  sebagai  fungsi  waktu,  dengan  model  yang  sangat
       sederhana.  Proses  belajar  dilihat sebagai  proses  'mengendapnya'
       informasi  di  dalam  memori  orang,  hingga  terjadi  pemahaman
       hakekat,  sifat  atau  hubungan  sifat  informasi  atau  kelompok
       informasi.  Secara  khusus,  di  sini  hanya  dipelajari  bagaimana
       karakteristik  hasil  belajar  orang  dalam  pemahaman  suatu  bahan
       ajar tertentu.  Karakteristik  yang  dimaksud  adalah  bagaimana  dan
       berapa lama bagian bahan ajar dipahami.  Apakah  bahan ajar yang
       diberikan  dapat dipahami  seluruhnya?  Bahan  ajar yang  dimaksud
       di  sini  adalah  suatu  himpunan  bahan  yang  tersusun  secara
       sistematik,  sehingga  membentuk  suatu  elemen  kecil  ilmu  atau
       pengetahuan.  Model  yang  digunakan  adalah  otak  yang  mengolah
       informasi  berdasarkan  motivasi  dan  keadaan  awal  informasi  yang
       dipunyainya.  Walaupun  di  sini  dilakukan  analisis  kuantitatif,  tetapi
       karena  modelnya  sangat  sederhana.  hasilnya  harus  diinterpretasi
       secara kualitatif.
       Belajar  merupakan  aktivitas  manusia  yang  sangat  kompleks,
       sehingga tidaklah mungkin memformulasikannya secara tuntas dan
       sempurna  Bagaimanakah  mekanisme  orang  belajar?  Pertanyaan
       itu  tentu  telah  menjadi  pertanyaan  standar  mereka  yang  berminat



                                                                149
   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163   164