Page 155 - Cakrawala Pendidikan
P. 155
Teknologi Pendidikan: Hakikat ...
Untuk dapat mengajari siswa agar dapat berbicara bahasa
asing, misalnya bahasa lnggris, dibutuhkan penguatan yang
terus menerus dari guru, apalagi siswa dituntut untuk dapat
mengucapkan dan menggunakan kata-kata dengan benar.
Metode bermain peran dan menggunakan film, merupakan
dua metode yang dapat digunakan untuk itu. Salah satu
teknologi informasi, dalam hal ini simulasi komputer, dapat
memfasilitasi penggunaan ke dua metode tersebut di atas.
Penggunaan program simulasi senantiasa dilakukan di dalam
kelompok. Program simulasi memberikan motivasi dan
kerangka kontekstual kepada siswa. Hal ini dikarenakan siswa
dapat mendemonstrasikan peran yang berbeda-beda dalam
setiap simulasi atau mereka membuat keputusan-keputusan
penting dalam berbagai diskusi yang dipantau gurunya.
Dengan demikian, melalui simulasi kemampuan siswa dalam
berkomunikasi dapat diperagakan dan dinilai oleh gurunya.
Percakapan dan bermain peran dapat memberikan
kesempatan kepada guru untuk mengidentifikasi kekuatan dan
kelemahan siswanya dalam bidang-bidang tertentu, kemudian
memilih atau mengembangkan bahan instruksional yang
sesuai untuk siswa-siswanya tersebut.
Saat ini sudah banyak program-program simulasi yang sudah
jadi dan tersebar luas di pasaran, misalnya Where in the world
is Carmen Sandiego, Sim city dan The other side. Bagi siswa
yang menggunakan bahasa pengantarnya bahasa lnggris,
maka program-program simulasi tersebut bila digunakan akan
dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan
pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Sementara
bagi siswa yang bahasa pengantarnya bukan bahasa lnggris,
maka contoh program simulasi tersebut bermanfaat di dalam
merangsang interaksi kebahasaan serta dapat melatih siswa
dalam proses pengambilan keputusan dan juga kemampuan
pemecahan masalah. Contoh program simulasi lainnya adalah
Romance, Business Executive Decision.
145