Page 156 - Cakrawala Pendidikan
P. 156

AtwiSupanna~dkk


           Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi
           teknologi pendidikan
           Pada  umumnya  pemanfaatan  teknologi  pendidikan  dalam
           pembelajaran  masih  rendah.  Kalaupun  ada,  teknologi  pendidikan
           hanya dipakai sebagai pelengkap,  bukan merupakan  bagian  yang
           utuh   dari  sistem  pendidikan  di  sekolah  secara  keseluruhan.
           Keadaan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti :
           a.   Ketersediaan perangkat keras dan lunak.
               Di  pasaran,  jenis  dan  macam  perangkat  keras  dan  lunak
               untuk  program  pendidikan  ini  sangat  bervariasi,  tergantung
               pada  kondisi sosial ekonomi masyarakat setempat Akibatnya,
               jenis  dan  teknologi  yang  dipakai  di  sekolah-sekolah  akan
               sangat ditentukan  oleh  lokasi  dimana  sekolah  itu  berada.  Di
               negara  maju,  seperti  Eropa,  Jepang  dan  negara-negara
               Amerika  Utara  penggunaan  teknologi  pendidikan  dalam
               proses  belajar  mengajar  sangat  bervariasi,  dari  mulai  OHT,
               video  sampai  dengan  komputer  dengan  mudah  dapat
               ditemukan.  Sebaliknya,  di  negara-negara  yang  sedang
               berkembang  seperti  negara-negara  di  Amerika  Latin  dan
               Afrika,  sang at jarang ada media yang digunakan dalam proses
               belajar  mengajar,  bahkan  papan  tulis  dan  kapur  sekalipun
               kadang-kadang tidak selalu tersedia di sekolah.
           b.   Po!a penggunaan tekno!ogi.
               Penggunaan  teknologi  pendidikan  oleh  guru  sangat terbatas,
               termasuk  di  negara  yang  aksesnya  terhadap  teknologi
               elektronika sangat umum sekalipun.
               Di  USA media  yang  sering  dan  banyak dipakai  dalam  proses
               pembelajaran  adalah  media  cetak,  sedikit media  audio  visual
               dan games.
           c.   Faktor ekonomi.
               Teknologi  masih  dianggap  mahal,  sehingga  belum  semua
               negara mampu  untuk menggunakannya dalam  proses  belajar
               mengajar   atau   dalam   kegiatan   pendidikan   secara
               keseluruhan.





           146
   151   152   153   154   155   156   157   158   159   160   161