Page 156 - Cakrawala Pendidikan
P. 156
AtwiSupanna~dkk
Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi
teknologi pendidikan
Pada umumnya pemanfaatan teknologi pendidikan dalam
pembelajaran masih rendah. Kalaupun ada, teknologi pendidikan
hanya dipakai sebagai pelengkap, bukan merupakan bagian yang
utuh dari sistem pendidikan di sekolah secara keseluruhan.
Keadaan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti :
a. Ketersediaan perangkat keras dan lunak.
Di pasaran, jenis dan macam perangkat keras dan lunak
untuk program pendidikan ini sangat bervariasi, tergantung
pada kondisi sosial ekonomi masyarakat setempat Akibatnya,
jenis dan teknologi yang dipakai di sekolah-sekolah akan
sangat ditentukan oleh lokasi dimana sekolah itu berada. Di
negara maju, seperti Eropa, Jepang dan negara-negara
Amerika Utara penggunaan teknologi pendidikan dalam
proses belajar mengajar sangat bervariasi, dari mulai OHT,
video sampai dengan komputer dengan mudah dapat
ditemukan. Sebaliknya, di negara-negara yang sedang
berkembang seperti negara-negara di Amerika Latin dan
Afrika, sang at jarang ada media yang digunakan dalam proses
belajar mengajar, bahkan papan tulis dan kapur sekalipun
kadang-kadang tidak selalu tersedia di sekolah.
b. Po!a penggunaan tekno!ogi.
Penggunaan teknologi pendidikan oleh guru sangat terbatas,
termasuk di negara yang aksesnya terhadap teknologi
elektronika sangat umum sekalipun.
Di USA media yang sering dan banyak dipakai dalam proses
pembelajaran adalah media cetak, sedikit media audio visual
dan games.
c. Faktor ekonomi.
Teknologi masih dianggap mahal, sehingga belum semua
negara mampu untuk menggunakannya dalam proses belajar
mengajar atau dalam kegiatan pendidikan secara
keseluruhan.
146