Page 151 - Cakrawala Pendidikan
P. 151
Pendidikan: Hakikat ...
c. Di diklat, perkembangan ilmu dan teknologi berdampak luas
terhadap dunia kerja yang semakin kompleks dan penuh
ketidakjelasan. Hal tersebut secara langsung berpengaruh
juga terhadap sistem penyediaan tenaga kerja yang siap pakai
dan terampil. Untuk itu, program-program diklat harus pula
dibenahi agar senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan
kebutuhan pasar. Peranan teknologi pendidikan dalam hal
membenahi program-program diklat biasanya dikaitkan
dengan pertanyaan-pertanyaan seperti bagaimana teknologi
pendidikan dapat memperkaya atau meningkatkan integrasi
antara pendidikan kejuruan dan akademik, bagaimana
teknologi pendidikan dapat mengaitkan dunia pendidikan
dengan dunia kerja, dll.
Berikut ini adalah beberapa contoh implementasi konsep-konsep
teknologi pendidikan dalam program-program diklat, diantaranya
adalah:
:;.. Integrated Learning System, merupakan bahan diklat dan
perangkat lunak manajemen yang terdapat di dalam
perangkat keras jaringan pekerja. Sistem ini berisi paket
kurikulum program diklat yang lengkap dan menggunakan
microcomputer dan perangkat keras lainnya dalam
pengoperasiannya, yang berbeda dengan cara pengoperasian
komputer di sekolah-sekolah (Roth, 1990).
:;.. Interactive Television System, sistem ini memungkinkan siswa
berinteraksi dengan guru atau instrukturnya atau dengan
sesama siswa, guru tamu, pakar, yang tempat tinggalnya
berjauhan. Winger (1991) mengemukakan tiga kelebihan
Interactive Television System ini, yaitu dapat menembus
waktu, ruang dan materi pelajaran.
'Y Computer Based Training System, merupakan suatu program
atau sistem yang digunakan para educational technologist
pada saat berperan di dalam membantu proses pelatihan di
sektor bisnts, industri dan organisasi waralaba, misal untuk
pelatihan petugas industri nuklir.
141