Page 146 - Cakrawala Pendidikan
P. 146
Atwi dkk
proses kegiatan di dalam paket instruksional tersebut. Di
samping kemasan paket itu sendiri, strategi dan proses
instruksional yang terjadi juga perlu diperhatikan, sebab hal ini
akan mempengaruhi motivasi dan keberhasilan pengguna.
Trend Pengembangan Evaluasi
Dalam perkembangannya saat ini, praktek evaluasi sudah lebih
intensif dilakukan, sejalan dengan kesadaran tentang peran
evaluasi sebagai bagian integral suatu usaha pengembangan dan
juga terhadap manfaatnya yang besar. Yang menarik adalah
evaluasi berkembang menjadi kegiatan yang bersifat interdisipliner,
membentuk usaha sinergi berbagai bidang ilmu seperti psikologi,
sosiologi, ekonomi, manajemen, politik, dan sebagainya.
Arah perkembangan ini menjadi imbas pada perkembangan teori
dan praktek evaluasi. Pengaruh yang positif adalah terjadinya
pengayaan perspektif dan dimensi berpikir terhadap evaluasi serta
meningkatkan sharing metoda evaluasi dari berbagai bidang ilmu
tersebut. Hal ini akan meningkatkan kompetensi evaluator
sekaligus memberikan tantangan untuk mampu menggunakan
berbagai pilihan metodologi dan melakukan berbagai peran
sebagai evaluator.
Analisis kebutuhan yang semula lebih bersifat behavioral dengan
konsentrasi pada perilaku (performance) dan menjabarkan materi
kedalam nnc1annya, kini berkembang menjadi lebih luas
cakupannya dengan lebih memberikan perhatian kepada analisis
peserta program serta pada analisis organisasi dan lingkungan
(Richey, 1992).
Evaluasi juga akan dipengaruhi oleh wawasan kendali mutu
(quality control). Dengan demikian evaluasi akan dilakukan secara
berkesinambungan, bahkan setelah evaluasi sumatif dilakukan,
sebagai langkah yang logis dalam setiap siklus implementasi
program.
Dalam skenario pengumpulan dan analisis data, evaluasi akan
menggunakan pendekatan triangular, yang berarti menggunakan
berbagai bentuk data untuk melakukan pengecekan validitas. Hal
ini akan mendorong lebih jauh kecenderungan untuk
136