Page 141 - Cakrawala Pendidikan
P. 141
Pendidikan: Hakikat ...
Manajemen Sistem Pelayanan
Manajemen sistem pelayanan meliputi perencanaan, monitoring
dan kontrol. Manajemen sistem pelayanan ini difokuskan pada
produk dalam bentuk software maupun hardware, tenaga
penunjang seperti teknisi atau operator, proses dalam bentuk
petunjuk operasional bagi perencana maupun instruktur.
Keberhasilan manajemen sistem pelayanan diukur dari kesesuaian
metode atau teknologi yang dipilih dengan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai. Sehingga manajemen sistem pelayanan
bergantung pada sistem manajemen sumberdaya.
Manajemen Informasi
Manajemen informasi meliputi perencanaan, monitoring, kontrol
penyimpanan informasi, serta transfer dan proses penerimaan
informasi yang bermanfaat sebagai sumber belajar. Hal ini
merupakan satu kesatuan yang cukup besar yang saling
melengkapi antara proses penyimpanan, transfer dan penerimaan
informasi yang fungsi utamanya adalah memenuhi kebutuhan
belajar. Oleh sebab itu teknologi diperlukan dalam pengembangan
cara penyimpanan dan pelayanan informasi. Dengan demikian
maka transmisi maupun transfer informasi dilakukan dengan
menggunakan teknologi. Menurut Lindenmayer, 1988, p.317,
dalam AECT, 1994; "Proses mengubah beberapa aspek informasi
(melalui komputer), ..... paling :::ocok untuk mencapai tujuan".
Evaluasi & Monitoring Dalam Teknologi Pendidikan
Evaluasi merupakan komponen integral teknologi pendidikan.
Usaha yang dilakukan untuk mengatasi masalah belajar atau
mengusahakan belajar yang maksimal, baik berupa program,
bahan ajar atau bentuk lain, perlu dievaluasi untuk mengetahui
tingkat keberhasilan serta kualitasnya, atau untuk memperoleh
berbagai informasi yang dapat menjadi masukan untuk
memperbaiki program atau bahan ajar tersebut agar mencapai
hasil yang maksimal.
Konsep evaluasi berkembang sejak Ralph Tyler mulai
memperkenalkannya pada tahun 30an. Diikuti Robert Mager pada
tahun 1962 dengan bukunya Preparing Instructional Objectives,
131